50 Ton Logistik dari Priatim Dikirim ke Palu

3
SERAHKAN BANTUAN. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Priangan Timur dan Forum Peduli Tasikmalaya (FPT) menyerahkan bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulteng.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Bantuan untuk korban bencana di Palu diberangkatkan dari Lanud Wiriadinata Tasikmalaya ke Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (7/10). Tercatat ada 50 ton logistik dan uang sebesar Rp 70 juta yang terkumpul dari berbagai elemen masyarakat Priangan Timur.

Bantuan tersebut diberangkatkan menggunakan empat truk dari Bandara Wiriadinata ke Bandara Halim Perdanakusuma melalui jalur darat. Selanjutnya akan diangkut menggunakan pesawat Hercules untuk diberikan kepada para korban di Palu.

Rencana awal, bantuan akan langsung dikirimkan dari Lanud Wiriadinata menuju Palu supaya lebih efektif. Namun kondisi landasan yang sedang dalam pengembangan tidak memungkinkan digunakan landing dan take off pesawat Hercules.

Danlanud Wiriadinata Letkol PNB M Pandu Adi Subrata menjelaskan logistik yang terkumpul berupa makanan cepat saji, makanan bayi, air mineral dan selimut. Keempat item tersebut merupakan kebutuhan darurat yang saat ini dibutuhkan para korban. “Karena itulah kebutuhan paling urgent yang dibutuhkan sekarang,” ungkapnya.

Dia bersyukur animo masyarakat baik dari komunitas, perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan dan lainnya cukup tinggi.  Sehingga logistik dan dana yang terkumpul cukup banyak untuk dikirimkan ke Palu. “Rasa empati dari masyarakat untuk saudara-saudara yang ada di Palu memang cukup tinggi,” katanya.

Selain logistik dan bantuan uang, pihaknya mendapat informasi kebutuhan teknis dari panitia bantuan di lokasi. Diantaranya yaitu terpal, genset dan sarana prasarana lain bagi kebutuhan posko bantuan. “Nanti kita akan kirimkan dalam pengiriman bantuan selanjutnya,” tutur dia.

Kemarin, Lanud Wiriadinata juga menyelenggarakan panggung prajurit yang diisi oleh Fun bike dan senam bersama. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73 yang diikuti sekitar 3.500 masyarakat dari unsur TNI, Polri dan masyarakat umum.

FPT dan BI Berkontribusi
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Priangan Timur dan Forum Peduli Tasikmalaya (FPT) berkontribusi memberikan bantuan bagi korban gempa di Palu, Sulteng.

Penyerahan bantuan dilaksanakan Sabtu (6/10) sebelum bantuan diberangkatkan ke Palu, Minggu (7/10). Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya Heru Saptaji menyerahkan bantuan secara simbolis sekaligus mewakili BMPD Priangan Timur. Dengan memberikan bantuan sebesar Rp 87.084.000 berupa logistik seperti keperluan bayi, makanan cepat saji dan air mineral.

Bantuan juga datang dari FPT yang diserahkan ketuanya Wahyudin didampingi Prof Dr H Kartawan SE MP langsung kepada Danlanud Wiriadinata.

PTT GALANG DANA
Salah satu kontribusi bantuan juga datang dari Paguyuban Tionghoa Tasikmalaya (PTT) yang menyumbangkan logistik berupa makanan cepat saji dan air mineral seharga Rp 10.850.000. Dana tersebut digalang saat pembukaan arisan PTT pada Jumat malam (5/10).

Dalam penggalangan tersebut hadir pula Irjen (Purn) Pol Drs H Anton Charliyan MPKN beserta istri dan Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim SSos MSI yang turut memberikan sumbangsih.

Ketua PTT Lungna Jaya mengatakan hal itu sebagai bentuk kepedulian PTT untuk masyarakat di Palu yang terkena bencana. Diharapkan bantuan bisa bermanfaat dan meringankan beban para korban. “Karena kami juga peduli kepada masyarakat yang tertimpa bencana, bantuannya sudah kita titipkan ke Lanud Wiriadinata,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim SSos MSI mengapresiasi bantuan yang digalang PTT dan unsur lain. Menurutnya, sebagai manusia sudah seharusnya saling tolong menolong. ”Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan bisa menjadi amal ibadah bagi semuanya,” terang dia. (rga)

loading...