Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

500 Hektare Lahan Pertanian di Kota Tasik yang Dipake Tol Baticap Milik Perorangan

73
0

BALE KOTA – Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya, hingga kini terus melakukan berbagai langkah perencanaan, guna mempersiapkan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap (Baticap).

Bappeda pun membenarkan bahwa sektiar 500 hektare lahan pertanian di 3 kecamatan (Mangkubumi, Kawalu dan Tamansari) bakal ‘tergerus’ digunakan untuk tol.

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Tasik, Aried MFA ST MT.

“Progres perencanaannya memang belum ada informasi lebih detilnya. Tetapi, soal lahan 500 hektare itu memang baru perkiraan. Lahan 500 hektare itu untuk dalam rencananya untuk trase dan exit tol,” ujar Aried kepada radartasikmalaya.com, Rabu (9/10).

Terang dia, lahan 500 hektare itu kemungkinan besar milik masyarakat atau perorangan karena Pemkot tak memiliki lahan pertanian di lokasi itu apalagi Perhutani.

“Sementara hasil pemetaan saat ini masih 5.321 hektare luas baku lahan pertanian kita. Kalau real-nya silakan dicek ke Pertanian,” terangnya.

Walapun demikian kebijakan dalam rencana pembangunan ke depan soal ini memang telah dirancang langkah antisipasinya.

“Karena sudah menjadi komitmen daerah dan seluruh warga bahwa Kota Tasikmalaya adalah daerah dengan klasifikasi kota yang dimana bentuk dan sifatnya layaknya kota, yaitu perdagangan dan jasa,” bebernya.

Adapun masalah pertaniannya, tambah dia, adalah bagaimana sektor pertanian tidak hanya bersifat bercocok tanam di luasan yg besar.

“Akan tetapi menjadi tantangan secara produksi. Hanya kita mencoba ‘menyelamatkan’ lahan tersebut dalam kerangka LP2B yang tentunya ini juga bakal jadi perdebatan panjang terkait yang punya lahan,” tambahnya.

(rezza rizaldi / radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.