Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

500 Lansia Telantar di Ciamis Diberdayakan LKS-LU Galura

154
0
TANAM JAGUNG
Surpiah (92) Lansia yang diajari menanam Jagung di Dusun Sukamanah Desa/ Kecamatan Imbanagara, Kamis (22/07). iman s rahman/ radartasikmalaya.com

CIAMIS – Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU ) Galura Kabupaten Ciamis, membantu 500 orang lansia se- Kabupaten Ciamis.

Kegiatannya adalah, Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES LU), Kamis (23/7) sekitar pukul 10.00 di Sekretariat LKS-LU Galura Jalan Anggapraja RT 003/006 Dusun Sukamanah Desa Imbanagara Kecamatan/Kabupaten Ciamis.

Salah satunya Rangkaian Progres LU dengan melibatkan lansia potensial, dari mulai bercocok tanam hingga kerajinan tangan.

Acara dihadiri oleh Pembina LKS LU Galura Kabupaten Ciamis Erhan Herdiyanto dan para pendamping LKS LU Galura.

Ketua LKS LU Galura Kabupaten Ciamis, Evie Widayanti menyampaikan, bahwa kegiatanya yang dilakukan bersama para pendamping Lanjut Usia (LU) se-Kabupaten Ciamis, membantu sebanyak 500 orang lansia.

Seperti bantuan sosial paket sembako atau kebutuhan alat bantu untuk lansia, baik tongkat, kursi roda dan alat bantu pendengaran.

“Ada juga bantuan family support seperti modal usaha. Bahkan bantuan kamar lansia dari mulai kasur, selimut,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya membantu lansia potensial, yang masih punya kemampuan bekerja.

“Jika ada yang secara fisik masih bagus, kita berdayakan dengan program penanaman jagung, aneka tanaman sayuran bahkan kerajinan tangan,” terangnya.

Untuk Program PROGRES LU, lanjut dia, saat ini ada 110 lansia.

“Kami akan terus membantu lansia yang belum terdata. Baik yang tidak potensial atau yang potensial,” katanya.

“Sebab, mereka dalam sisa hidupnya harus mendapatkan perlakuan yang baik. Jangan sampai mereka terlantar atau ditelantarkan keluarganya ke Panti Lansia,” sambungnya.

Pihaknya juga berharap kepada pemerintah, adanya fasilitas untuk para lansia seperti taman ramah lansia, yang nantinya mereka bisa tenang berolah raga, senam atau bercengkrama sesama lansia.

“Selama masa tua, mereka (para lansia, red) harus punya ketenangan, jangan sampai ditelantarkan oleh keluarganya,” ungkap dia.

PLT Kabid Balinsos Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis, Ace Hidayat, menyambut baik LKS -LU Galura sebagai dari binaan Dinsos yang telah mengadakan kegiatan perawatan sosial dan terapy tahun 2020.

“Kami sangat mengapresiasi dengan mendukung program tersebut, karena membantu para lansia dan bisa mendapat berbagai bantuan yang layak bagi mereka,” ucapnya.

Semwntara itu, salah seorang Lansia, Surpiah (92) mengaku senang dengan adanya yang peduli terhadap dirinya yang sudah tua.

dimana diberikan bantuan bercocok tanam jagung.

“Meski sudah tua, kami ingin tetap produktip. Karena jika diam di rumah saja itu jenuh,” katanya.

“Setidaknya dengan adanya bantuan bibit hingga menanam, ini bisa ada kegiatan dan tidak diam di rumah. Ya sambil olah raga juga,” sambungnya.

(iman s rahman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.