533 DPT Disinyalir Bukan Warga Banjar

RAPAT. Komisioner KPU melaksanakan rapat pra kondisi rapat pleno DPT pemilu serentak tahun 2019 di Kantor KPU Kota Banjar Rabu siang (12/9). (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar menemukan sebanyak 533 daftar pemilih tetap (DPT) yang disinyalir bukan warga Kota Banjar.

Hal tersebut terungkap dalam rapat pra kondisi rapat pleno DPT di kantor KPU Kota Banjar Rabu siang (12/9).

“Sampai nanti malam (tadi malam) kita akan tetap cek keakuratan data yang diterima kami dari Disdukcapil (Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan) tentang dugaan adanya 533 DPT bukan warga Banjar,” ungkap Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muklis SPdI.

Menurutnya, saat ini tim Panitia Pemungutan Suara (PPS) terus melakukan verifikasi akurasi data tersebut dengan mengecek ke petugas register.

Apabila hasil akurasi verifikasi data dari 533 itu memang benar bukan orang Banjar, maka KPU akan mencoretnya dari DPT Kota Banjar.

“Misalnya, dari 533 orang ada 100 atau 50 orang memang bukan orang Banjar maka kita akan coret sesuai rekomendasi dari Bawaslu Kota Banjar,” tuturnya.

Ia menambahkan jumlah DPT sebelum pencermatan untuk Kota Banjar berjumlah 146.288 orang. Nanti data tersebut bisa bertambah atau justru berkurang berdasarkan pencermatan dari Bawaslu Kota Banjar.

“Maka dari itu, saat ini kami terus melakukan sinkronisasi data sebelum kita melaksanakan rapat pleno penetapan DPT Pemilu 2019,” katanya sambil menegaskan rapat pleno penetapan DPT dijadwalkan pada Kamis (13/9) di kantor KPU Kota Banjar. (cep)

loading...