Tingkatkan Sumber Daya Manusia

113
0

SAMARANG – Politisi muda Partai Demokrat Kabupaten Garut Andri Yanto mengatakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) hendaknya menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan. Sebab, SDM merupakan dasar bagi pertumbuhan ekonomi dan menjamin kelangsungan demokrasi jangka panjang.

Menurut dia, peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui beberapa cara. Diantaranya dengan penerapan intellectual capital, social capital dan soft capital. Intellectual capital atau modal intelektual merupakan perangkat yang diperlukan untuk menemukan peluang dan mengelola ancaman dalam kehidupan.

Sebagai gambaran, organisasi yang unggul dan meraih banyak prestasi adalah organisasi yang terus menerus mengembangkan sumber daya manusianya. Berdasarkan pendekatan ini, lanjut Andri, manusia harus memiliki sifat proaktif dan inovatif untuk mengelola perubahan lingkungan kehidupan (ekonomi, sosial, politik, teknologi, hukum dan lain-lain).

Selanjutnya, social capital atau modal sosial merupakan kemampuan manusia dalam membangun jaringan sosial. Semakin luas pergaulan seseorang –social networking– maka akan semakin tinggi nilai dari pribadi orang itu. Modal sosial dimanifestasikan pula dalam kemampuan untuk bisa hidup dan menghargai perbedaan.

Terakhir, lanjut Andri, soft capital adalah kapital yang diperlukan untuk menumbuhkan modal sosial dan modal intelektual. Menurutnya, hancurnya suatu bangsa karena tidak adanya sifat amanah, jujur, beretika, disiplin dan mampu menahan emosi. (rls/*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.