Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

60 Petugas Lapas Klas II Kota Banjar di Tes Urine

18
0
PEMERIKSAAN. Petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas II Kota Banjar menjalani pemeriksaan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis Kamis (10/10). CECEP HERDI / RADAR TASIKMALAYA
PEMERIKSAAN. Petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas II Kota Banjar menjalani pemeriksaan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis Kamis (10/10). CECEP HERDI / RADAR TASIKMALAYA

BANJAR – Sebanyak 60 petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas II Kota Banjar menjalani tes urine, Kamis (10/10). Pemeriksaan tersebut dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Ciamis selama tiga jam.

”Ini sebagai upaya untuk mencegah pemakaian dan peredaran narkotika dan obat terlarang lainnya di dalam Lapas, diawali dengan pengetesan terhadap seluruh petugas Lapas,” kata Kepala BNN Ciamis Engkos Kosidin SSos MSi, kemarin.

Selain pencegahan, ia juga mengungkapkan tes urine kepada seluruh petugas lapas sebagai upaya untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika di lingkungan pegawai.

”Hasilnya negatif semua. Namun ke depan jika dilaksanakan hal yang sama, kemudian hasilnya petugas ada yang positif mengonsumsi narkoba maka harus segera direhabilitasi,” kata dia.

Soal sanksi jika terdapat petugas lapas yang positif narkoba, kata dia, itu akan diserahkan ke pihak lapas sendiri.

”Jika terbukti terindikasi narkoba kita bukan pemberi sanksi, kita akan rekomendasi ke lapas untuk treatment dan rehabilitasi. Karena terkait sanksi itu internal lapas,” ungkapnya.

Kepala Lapas Klas II Kota Banjar Agus Wahyono menjelaskan tes urine seluruh petugas lapas merupakan kegiatan setiap tahun. Itu untuk mencegah supaya seluruh petugas lapas bebas dari kasus narkoba.

“Kami yang meminta BNN untuk melaksanakan tes urine kepada seluruh pegawai. Jika ada petugas lapas yang positif maka akan kita lakukan pembinaan. Jika terbukti sebagai pengedar maka sanksi terberat adalah pemecatan dan kena pidana,” kata Agus. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.