600 Peserta Ikut MSCC di SMK Manangga Pratama, Bentuk Generasi Tangguh

113
0
MENJELANG PENGUMUMAN. Para peserta menunggu hasil pengumuman Manangga Scout Creative Contest (MSCC) ke-11 Se-Jawa Barat, Minggu (23/2). Lomba Pramuka tersebut diikuti 600 peserta tingkat penggalang dan penegak Se-Jawa Barat di SMK Manangga Pratama Tasikmalaya. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA
MENJELANG PENGUMUMAN. Para peserta menunggu hasil pengumuman Manangga Scout Creative Contest (MSCC) ke-11 Se-Jawa Barat, Minggu (23/2). Lomba Pramuka tersebut diikuti 600 peserta tingkat penggalang dan penegak Se-Jawa Barat di SMK Manangga Pratama Tasikmalaya. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Manangga Pratama Tasikmalaya Kecamatan Cipedes mengadakan Manangga Scout Creative Contest (MSCC) ke-11 Se-Jawa Barat, Minggu (23/2). Lomba Pramuka tersebut diikuti 600 peserta gerakan Pramuka tingkat penggalang dan penegak Se-Jawa Barat.

Wakil Kepala SMK Manangga Pratama Bidang Kesiswaan An An Budiana MPdI mengatakan, MSCC dapat membentuk karakter siswa dari jenjang SMP/MTs sampai SMA/SMK/MA. Sebab menerapkan sistem pembinaan kaum muda dan upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memupuk persatuan dan tali persaudaraan.

“Dengan diadakan kegiatan ini dapat membentuk karakter siswa, sehingga dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena ketika memiliki kader generasi muda yang tangguh dan mempunyai satu hati serta satu jiwa untuk mau membangun bangsanya,” katanya kepada Radar, Minggu (23/2).

Baca Juga : Ribuan Siswa MTs Tasik Simulasi Tahap Pertama UAMBN-BK

Selanjutnya, MSCC merupakan ajang meningkatkan pengetahuan, keterampilan, menumbuhkan dan membudayakan kepramukaan di sekolah-sekolah. Hal ini, sebagai ajang evaluasi, sehingga mengetahui sejauh mana keahlian ilmu Pramuka di tingkatan penggalang dan Penegak di Jawa Barat.

“Khususnya dari Kota Tasikmalaya untuk lebih meningkatkan pembinaan kepramukaan dan melatih kedisiplinan anggota Pramuka. Dengan begitu miliki kemampuan dan keterampilan di berbagai bidang kepramukaan,“ ujar dia.

Ketua Panitia MSCC ke-11 Teguh Gusmantara SKom menjelaskan MSCC merupakan kegiatan tahunan dari SMK Manangga Pratama Tasikmalaya. Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka SMK Manangga Pratama dari ambalan Arjuna dan Srikandi.

“Melatih anak-anak kita untuk bisa berorganisasi. Maka akan terbentuk disiplin ketika membuat sebuah kegiatan dan melatih manajemennya juga agar berjalan sukses,” kata dia.

Baca Juga : Ajarkan Akidah Sejak Dini di SD Pengadilan Kota Tasik

MSCC melombakan ketangkasan baris berbaris (LKBB), pioneering, gerak jalan indah dan lomba cosplay tokoh Pramuka.

Peserta MSCC mencapai 46 regu dan sangga. Setiap regu diisi 15 anggota, baik laki-laki dan perempuan.

“Dengan begitu, lomba kepramukaan ini dapat menciptakan sportivitas dan kemandirian setiap peserta serta ajang evaluasi kepramukaan yang ada tingkatan SMP/MTs sampai SMA/SMK/MA,” ujarnya.

Koordinator Dewan Juri MSCC ke-11 dan Andalan Bidang Hukum Kwartir Cabang Kota Tasikmalaya Epi Epi Mulyana SH MH mengapresiasi dari kepersertaan MSCC cukup baik.

“Saya menghargai kegiatan yang dilaksanakan oleh SMK Manangga Pratama, karena ini menjadi salah satu SMK yang menjadi percontohan dalam rutin menggiatkan lomba kepramukaan di Tasikmalaya untuk penggalang dan penegak,” kata dia. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.