6,2 Juta Pemilik e-KTP Belum Masuk DPT

6
ilustrasi

JAKARTA –  Ko­mi­si­o­ner KPU Vir­­yan Azis me­ngatakan ada 6,2 juta data dari 31 juta data pemilik KTP elektronik (e-KTP) be­lum masuk Daf­tar Pemilih Tetap (DPT) ter­veri­fika­si. Data tersebut nantinya dapat dimasukan da­lam DPT hasil perbaikan. “Informasi tadi pa­gi ada sekitar 6,2 juta dari 31 juta yang benar ada­­nya, ini ki­ta masukan ke da­lam daftar pe­­milih. Yang lain ada yang ti­dak memenuhi syarat, ada yang sudah masuk da­lam DPT. Se­hing­ga tidak kita masukan,” ka­ta­nya usai diskusi di Media Center Bawaslu, Jakarta, Rabu (5/12).

Viryan mengatakan, 31 juta data warga yang telah memiliki e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri tapi belum masuk DPT.

Namun, saat ini verifikasinya hampir selesai seratus persen. “Data hingga hari ini 98 persen, kita yakin ini bisa diselesaikan teman-teman sekalian,” katanya.

Ia menyampaikan KPU terus berupaya memperbaiki DPT dengan menerima masukan data dari berbagai pihak. Data tersebut kemudian diverifikasi keberadaannya untuk dilakukan pencocokan dan penelitian. “Selama benar adanya, dengan semangat melindungi hak warga negara kita masukan ke dalam daftar pemilih,” katanya.

Ia mengatakan perbaikan data DPT terus dilaksanakan, termasuk diantaranya dengan PKPU no 11/2018 yang memungkinkan masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik masuk dalam DPT.

Mereka yang belum memiliki KTP elektronik dapat menggunakan surat keterangan Dinas Dukcapil setempat untuk dimasukan dalam DPT. Diharapkan dengan demikian DPT yang ada semakin baik. (ant/gw)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.