63 Rumah Warga Kota Tasik Tertimpa Bencana

77
0
DOC BPBD Kota Tasikmalaya BENCANA. Petugas BPBD Kota Tasikmalaya menanggulangi longsor di Cigantang, Mangkubumi, pada Kamis (28/1/2021).
Loading...

KAWALU – Awal tahun 2021 ini, Kota Tasikmalaya kerap kali diterpa bencana alam.  Sedikitnya, ada 63 rumah yang tedampak bencana dari mulai terancam sampai rusak.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, sepanjang Januari 2021 tercatat ada 28 kejadian bencana alam.

Dari mulai longsor, pergerakan tanah, puting beliung, dan cuaca ekstrem yang mengakibatkan pohon tumbang serta kerusakan rumah.

Rentetan bencana tersebut memberikan dampak para pemukiman masyarakat. Ada yang sebatas terancam, bahkan ada 19 rumah yang rusak akibat cuaca ekstrem yang terjadi.

Baca juga : Usai Setor ke Bank, Nasabah Meninggal di Tawang Kota Tasik

loading...

Kasi Darlog BPBD Kota Tasikmalaya, Erik Yowanda mengatakan bahwa pihaknya sudah mengingatkan warga melalui Satgas BPBD di setiap kelurahan. Karena saat ini, tidak bisa dipungkiri kondisi cuaca cukup rawan terjadi bencana. “Kita sampaikan supaya masyarakat lebih waspada,” ungkapnya kepada Radar, Senin (1/2/2021).

Pihaknya sendiri mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana dan prasarana. Sehingga ketika terjadi bencana, penanggulangan bisa sesegera mungkin dilaksanakan. “Alhamdulillah Sarpras aman,” katanya.

Disinggung soal kerusakan rumah akibat bencana, pihaknya sudah memberikan bantuan kebutuhan dasar. Hal itu untuk mengamankan kebutuhan sehari-hari warga terdampak.

“Bantuan kebutuhan langsung kami serahkan kepada mereka,” tuturnya.

Selain kebutuhan dasar, BPBD pun memfasilitasi warga yang rumahnya rusak untuk mendapatkan bantuan stimulan. Bantuan tersebut diberikan untuk membantu menambah biaya perbaikan rumah.

Terkait bantuan stimulan itu, sementara ini belum ada yang diberikan. Hal ini karena dana APBD 2021 yang belum bisa digunakan efek belum adanya pengukuhan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pemerintah Kota Tasikmalaya.

“Masih ada kendala kalau untuk bantuan stimulan perbaikan rumah,” katanya. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.