634 Pengawas TPS se-Kota Banjar Dilantik

40
0
00--ketua Panwaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman

BANJAR – Sebanyak 634 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) se-Kota Banjar dilantik dan diberi bimbingan teknis pengawasan pelaksanaan Pemilu. Pelantikan digelar serentak di empat kecamatan di Kota Banjar.

Ketua Bawaslu Kota Banjar Irfan Saeful Rohman SHI berharap pengawas TPS yang sudah dilantik bisa melakukan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Tugas pengawas TPS yakni mengawasi saat persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan dan pelaksanaan penghitungan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,” ujarnya.

Saat melakukan tugasnya di lapangan, kata dia, pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan jika ditemukan dugaan pelanggaran, kesalahan atau penyimpangan administrasi saat pemungutan dan penghitungan suara.

Mereka juga berwenang menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara serta melakukan wewenang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Sejak dilantik mereka harus sudah melaksanakan tugasnya melakukan pengawasan, tidak hanya saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara saja,” jelasnya.

Ketua Panwascam Pataruman Aan Alamsyah meminta pengawas TPS melakukan pencegahan sebelum adanya penyimpangan. Terlebih, kata dia, di Kelurahan Pataruman dan Hegarsari rawan dan masuk dalam indeks kerawanan pemilu (IKP).

“Sehingga perlu diwaspadai dan konsen melakukan pengawasan yang lebih intensif di dua wilayah tersebut,” ujarnya. (nto/cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.