Beranda Banjar Perlu Inisiatif, Jangan Tunggu Surat Edaran

Perlu Inisiatif, Jangan Tunggu Surat Edaran

102
BERBAGI

BANJAR – Anggota Komisi II DPRD Kota Banjar Jojo Juarno menilai sidak ke toko dan supermarket terkait ikan kaleng (makarel) yang mengandung cacing jangan menunggu surat edaran.

Harus ada inisiatif dari dinas terkait, untuk menekan keresahan yang terjadi di masyarakat.

“Menurut saya kalau mau sidak, ya sidak aja. Gak usah pake nunggu surat edaran dulu. Namanya sidak itu kan inisiatif dan sebaiknya berkala, tidak hanya saat ada isu seperti ini saja baru ramai,” kata Jojo via telepon Minggu petang (1/4).

Dalam waktu dekat, dikatakannya, komisi II DPRD akan turun ke lapangan untuk sidak ikan kaleng tersebut.

“Kami akan rapat dulu bersama ketua komisi,” ucap ketua Fraksi Partai Gerindra itu.

Terpisah, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banjar Joko Nurhidayat mengatakan hal yang sama.

Menurutnya, untuk sidak tidak perlu menunggu surat edaran terlebih dahulu karena sidak sifatnya merupakan pencegahan dan pengawasan langsung terhadap produk yang dikonsumsi atau dipakai masyarakat.

“Langkah dinas perlu ada inisiatif, jangan menunggu surat edaran dulu. Dan seharusnya melibatkan BPOM juga untuk sidak ke lapangan memeriksa lab jika ada temuan produk yang diduga berbahaya,” katanya.

Ia menambahkan seharunya pemerintah juga berkala melaksanakan sidak. Tidak hanya fokus pada salah satu jenis makanan saja. Banyak produk makanan lain yang perlu pengawasan dari sisi kesehatannya.

“Contoh dari masa kedaluarsanya, kemudian produk yang belum dilengkapi izin edarnya oleh BPOM. Pengawasan di lapangan kan salah satunya dengan melaksanakan sidak,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar Oman Rokhman menegaskan pihaknya tak bisa turun ke lapangan untuk melaksanakan sidak dan penarikan peredaran ikan kaleng di pasaran sebelum adanya surat edaran dari BPOM RI.

“Kita nunggu instruksi dulu, kalau sudah ada baru turun ke lapangan,” kata Oman.

Berbeda dengan pihak kepolisian yang menyatakan akan secepatnya mendatangi pusat perbelanjaan memeriksa ikan kaleng yang sudah dinyatakan positif mengandug parasit cacing.

“Kami akan segera dan secepatnya turun ke lapangan, tentu dengan pihak terkait,” kata Kapolres Banjar AKBP Matrius. (mg4)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.