Wisatawan ke TWA Turun Drastis

158
WISATA ALAM. Pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran memperhatikan sekawanan rusa yang bergerombol di dalam kawasan cagar alam.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN – Tingkat kunjungan wisatawan ke Kawasan Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran turun drastis. Dari Januari hingga awal April 2018 ini, jumlah wisatawan tercatat hanya 5.894 orang.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, tingkat kunjungan wisatawan bisa dianggap menurun,” tutur Awan Wargan, petugas di Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran, Senin (9/4).

Awan mengatakan pada 2017, tingkat kunjungan wisatawan di bulan yang sama mencapai 42.095 orang.

“Tahun lalu tingkat kunjungan tinggi. Sekarang turun drastis,” ungkapnya.

Menurut dia, pendapatan retribusi dari kunjungan wisatawan pada 2017 mencapai 55.264 orang dengan total pendapatan sebesar Rp 276.320.000.

“Saat ini kita baru mencapai 11 persen. Padahal idealnya kita harus mencapai 25 persen agar tidak terlalu berat mencapai target,” ujarnya.

Meskipun demikian, pihaknya tetap optimis untuk mencapai target pendapatan di 2018 sebesar Rp 276.320.000.

“Peluang kita masih ada. Karena kunjungan wisatawan biasanya mengalami lonjakan di momen-momen tertentu. Seperti libur hari besar, liburan sekolah dan libur akhir tahun menjelang malam tahun baru. Mudah-mudahan semuanya lancar,” harapnya.

Dani Mulyadi, salah seorang pemandu wisata juga merasakan penurunan jumlah kunjungan wisatawan.

“Sekarang tamunya susah tidak seperti dulu,” ungkapnya.

Ia berharap tingkat kunjungan wisatawan mengalami kenaikan.

“Mudah-mudahan wisatawan juga mau menggunakan jasa pemandu wisata. Walaupun banyak tapi kalau tidak pakai jasa pemandu ya sama saja,” ujarnya. (nay)

loading...