67 Puskesmas, 6 RS & 7 Klinik Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 Warga Garut

31
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi vaksin covid-19
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pendistribusian vaksin Covid-19 ke Kabupaten Garut belum diketahui kapan dilaksanakan. Meski belum ada kepastian vaksin, Pemkab Garut terus melakukan persiapan dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Sampai saat ini belum ada informasi terkait pendistribusian vaksin ke Garut,” ujar Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita kepada wartawan, Minggu (17/1).

Yeni menerangkan, jika vaksin telah didistribusikan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pihaknya akan langsung mendistribusikannya ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes) yang telah disiapkan menjadi tempat vaksinasi.

“Apabila sudah sampai di Kabupaten Garut akan dialokasikan ke 67 puskesmas, enam rumah sakit, dan tujuh klinik,” terangnya.

Baca juga : Harga Kedelai Tinggi, Dinas Pertanian Garut Lakukan Ini..

loading...

Yeni belum bisa memastikan jumlah vaksin yang akan sampai di Garut pada tahap pertama. Namun, vaksin tahap pertama akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani juga belum bisa memastikan waktu vaksin dapat didistribusikan. “Belum ada kabar pastinya dropping vaksin ke Garut. Menurut info, dari pusat ke provinsi itu Januari. Setelah itu dropping ke Garut belum dapat info pasti,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Maskut Farid mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi, semua puskemas di daerah akan digunakan. “Kita sudah ada pelatihan kepada para nakes. Nanti semua puskesmas disiapkan untuk pelaksanaan. Total 67 puskesmas,” katanya.

Menurut dia, dalam tahap awal vaksinasi akan diprioritaskan untuk para nakes. Ia menyebut di Kabupaten Garut terdapat sekira 6.500 nakes yang diprioritaskan mendapatkan vaksin tahap awal.

Baru setelah itu, vaksinasi akan dilakukan kepada petugas pendukung yang memberikan pelayanan publik. Terakhir, adalah masyarakat umum yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. “Ini akan bertahap selama setahun. Mudah-mudahan ada progres yang baik setelah ada vaksinasi,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.