Unesco Executive Board di Prancis Beri Pengakuan

Kawasan Gunung Rinjani dan Ciletuh Jadi Global Geopark

319
0
DIAKUI DUNIA. Seorang wisatawan saat mendaki Gunung Rinjani, beberapa waktu lalu. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani adalah keberadaam Danau Segara Anak yang di tengahnya ada Gunung Barujari. IVAN / LOMBOK POST

Dua geopark di Indonesia akhirnya mendapatkan pengakuan dunia internasional. Dalam sidang Unesco Executive Board di Prancis bulan ini, kawasan Gunung Rinjani dan Ciletuh ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG).

General Manager Geopark Rinjani Chairul Mahsul berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pencapaian Rinjani menjadi geopark dunia itu.

”Secara de facto, Gunung Rinjani sudah masuk menjadi geopark dunia sejak ditunjuknya NTB sebagai tuan rumah kegiatan Asia-Pacific Geopark Network Symposium pada 2019,” katanya.

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu juga resmi mendapatkan predikat sebagai UGG. ”Semua negara menyetujui kawasan Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UGG,” ujar

General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Dana Budiman. Pada awal Agustus 2017 geopark tersebut sudah dinilai tim Unesco.

Direktur Diplomasi Warisan Budaya Kemendikbud Najamudin Ramli mengatakan, 18 April besok merupakan Hari Warisan Dunia. Kemendikbud ikut berpartisipasi dalam merayakan hari tersebut.

Loading...

”Warisan dunia yang ada di Indonesia juga kebudayaan nasional Indonesia,” tuturnya kemarin (16/4).

Dalam kesempatan itu, Najamudin juga menyampaikan bahwa pada 5–16 April lalu telah dilakukan pengecekan oleh tim reaktif UNESCO ke Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Dalam kunjungan tersebut, tim menilai tiga taman nasional itu perlu mendapatkan perhatian khusus.

Sementara itu, gunung Rinjani telah diakui menjadi geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG) Rinjani.

Untuk itu tugas selanjutnya adalah merawat dan menjaga kekayaan hayati dan keragaman budaya yang ada di kawasan Global Geopark Rinjani.

General Manajer Geopark Rinjani Chairul Mahsul mengatakan informasi diterimanya Rinjani sebagai anggota baru UGG sangat membanggakan. Capaian itu merupakan penantian panjang tim sejak Rinjani ditetapkan sebagai geopark nasional.

”Semua ini adalah buah dari perjuangan panjang,” kata pria yang akrab disapa CM itu.

Dengan menjadi UGG akan mendatangkan banyak insentif sekaligus tantangan baru dalam pengelolaan taman Rinjani. Karena UGG Rinjani akan semakin dikenal banyak orang.

Bahkan akan dimuat di dalam website dan semua bahan informasi UNESCO. ”Sehingga ini adalah promosi bagi Rinjani,” kata CM yang juga Asisten II Setda NTB itu.

Tantangan ke depan, semua pihak harus berkomitmen dan sama-sama bertanggung jawab untuk konservasi atau pelestarian. Sekaligus memanfaatkan keragaman geologi, hayati, dan keragaman budaya dalam kawasan Geopark Rinjani.

”Tujuannya untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Rencananya, batas kawasan Geopark Rinjani akan diperluas sampai wilayah selatan Pulau Lombok, sesuai rekomendasi UNESCO.

Situs-situs dan jejak geologi gunung api purba di selatan Lombok akan masuk menjadi situs geologi Geopark Rinjani. Seperti Sementi, Pantai Telawas, sampai ke timur Tanjung Ringgit.

Untuk calon situs geologi jejak gunung api purba di selatan Pulau Lombok sudah disurvei oleh Badan Geologi Bandung dua minggu lalu.

Ada yang akan menjadi situs geologi bagian dari UUG Rinjani dan ada juga yang akan ditetapkan sebagai warisan geologi di luar perluasan kawasan Geopark Rinjani.

Budi Karyawan, Manager Geowisata dan Trekking Taman Bumi Rinjani mengatakan, Gunung Rinjani ditetapkan menjadi geopark dunia pada sidang UNESCO di Paris, Kamis (12/4) lalu.

Kata dia, ada konsekuensinya jika nilai kebumian NTB sudah diakui dunia. Mengingat perjuangan dalam pengajuan Rinjani sebagai geopark dunia membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak main-main.

“Konsekuensinya menjadi terkenal di dunia, apalagi kita juga punya tagline The Tropical bridge between Asia and Australia,” ujarnya.

Setelah ditetapkan, pekerjaan tidak hanya sampai disitu saja. Selain merampungkan pusat informasi geologi (PIG) Rinjani yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan, Budi juga menjelaskan jika pihaknya tengah menyelesaikan logo Gunung Rinjani sebagai geopark dunia. Agar bisa bersanding dengan logo UGG.

“Sedang kami persiapkan dan akan kami diskusikan juga, logo mana yang akan kami pilih,” imbuhnya.

Tidak hanya PIG dan logo saja yang menjadi bahasan utama, menurut penuturan Budi, pemantauan Rinjani sebagai geopark dunia harus tetap dijaga. Karena setiap empat tahun sekali, UNESCO akan merevalidasi.

Kawasan situs yang ditetapkan oleh UNESCO akan terus diawasi. Oleh karena itu, menjadi pekerjaan bersama hingga saat revalidasi Gunung Rinjani tetap konsisten menjaga status keanggotaan tersebut.

“Jadi kapan pun bisa dicabut ya. Kalau sudah ditetapkan, kita harus jaga itu. Nanti dilihat juga komitmen-komitmen kita yang sudah dinilai. Ada rekomendasi juga dari UNESCO, Rinjani harus melakukan ini, ini dan ini,” papar Budi.

Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Muhammad Faozal mengungkapkan, rasa bangga dan bahagianya karena Gunung Rinjani telah menjadi geopark dunia.

Kata dia, tugas utama yang harus dilakukan bersama semua pihak adalah menjaga Rinjani.

“Apa yang kita lakukan untuk Rinjani, saya rasa semakin berat. Untuk pariwisata, ini adalah momentum agar Rinjani semakin mendunia,” ujar Faozal.

Untuk bidang pariwisata, tentu Rinjani sudah menjadi destinasi yang secara bersama dipromosikan oleh UNESCO.

Itu berarti semua pihak sudah terbuka terhadap Rinjani. Untuk itu, masyarakat NTB maupun pemerintah yang memiliki Rinjani harus siap.

(lyn/c9/oki/jpg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.