Setda Gandeng BNNK Ciamis Bentuk Masyarakat Sadar Hukum

160
0
Loading...

CIAMIS – Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, menggelar pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum kepada masyarakat di wilayah hukum Kabupaten Ciamis, di Aula
Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar, Kamis (26/4/2018).

Diikuti 70 orang peserta perwakilan dari perangkat desa di lingkup
Kecamatan Banjaranyar, BPD, pemuda Karang Taruna, Tokoh Masyarakat.

Menurut Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Pemda Kabupaten Ciamis Deni Wahyu Hidayat SH, menjelaskan kegiatan ini merupakan kali keduanya digelar. Sebelumnya, telah dilaksanakan di wilayah Panjalu.

Tujuannya untuk mewujudkan kesadaran hukum dan wawasan hukum kepada masyarakat serta kepada aparat desa/kelurahan dalam rangka mengupayakan masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya.

Loading...

“Serta menunjukkan budaya hukum dalam sikap dan prilaku yang sadar, patuh taat terhadap hukum,” ungkap Deni.

AKBP Yaya Satyanagara SH, selaku narasumber dari BNNK Ciamis
menyampaikan materinya dengan judul Penyalahgunaan Narkoba dan Upaya Penanggulangannya.

Yaya menjelaskan, permasalahan narkoba merupakan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang dapat merusak seluruh komponen masyarakat dan bangsa.

Bahkan menyebabkan hilangnya generasi bangsa (lost generation), sehingga dibutuhkan peranserta masyarakat dalam upaya Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan
Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Kasus narkoba sudah banyak terungkap di seluruh wilayah
Indonesia, baik di kota maupun di desa. Oleh sebab itu dibutuhkan wujud nyata seluruh komponen masyarakat, bangsa dan negara Indonesia untuk bersatu guna menciptakan
Indonesia Negeri Bebas Narkoba,” ujarnya.

Yaya mengajak kepada peserta yang terdiri dari Kepala Desa beserta perangkatnya dari 10 desa yang ada di wilayah Kecamatan Banjaranyar, untuk bangkit menanggulangi bahaya narkoba.

“Karena daya rusak narkoba begitu kuat, semua kalangan bisa terkena tanpa melihat status sosial. Kita harus menjaga daerah masing-masing supaya bisa terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Yaya berharap dengan di kegiatan ini masyarakat imun terhadap bahaya narkoba serta dapat menyampaikan pesan-pesan anti narkoba di lingkungannya masing-masing.

“Sehingga dapat terwujud lingkungan bebas dari penyalahgunaan narkoba serta mewujudkan kesadaran hukum masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis,” pungkas Yaya. (rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.