Ciamis Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa

380
0
ABADIKAN MOMEN. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis drg H Engkan Iskandar MM (empat dari kiri) berfoto bersama perwakilan kabupaten / kota lain di Jawa Barat yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa dari Kementerian Dalam Negeri. ISTIMEWA

CIAMIS –  Pemerintah Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dari pemerintah pusat pada tanggal 28 November 2017.

Penghargaan diserahkan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat.

Diterimanya penghargaan itu karena Kabupaten Ciamis telah memenuhi dua tatanan.

Yakni tatanan masyarakat sehat mandiri dan tatanan pemukiman serta sarana prasarana umum.

“Kita ketahui bahwa penghargaan Swasti Saba Padapa ini merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Ciamis yang mampu untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakatnya,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis drg H Engkan Iskandar MM di ruang kerjanya Senin pagi (16/4).

Dia sangat bersyukur Kabupaten Ciamis mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai Kabupaten Sehat dengan kategori Swasti Saba Padapa. Hal ini menunjukkan Ciamis mampu melakukan penataan dalam bidang kesehatan masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya diterima Kabupaten Ciamis,” katanya.

Menurut Engkan, ada sembilan tatanan yang menjadi kriteria penilaian penghargaan Swasti Saba Padapa.

Yakni tatanan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, serta tatanan industri dan perkantoran yang sehat.

Kriteria lainnya adalah tatanan kawasan pariwisata sehat, tatanan pertambangan sehat, tatanan hutan sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi, serta tatanan kehidupan sosial yang sehat.

“Target kami di tahun 2019 nanti mendapatkan (penghargaan) Swasti Saba Wiwerda. Penghargaan itu untuk Kabupaten Sehat dengan kategori tatanan terpilih. Yaitu ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, kawasan pemukiman, sarana-prasarana sehat dan kawasan pariwisata sehat,” tuturnya.

Engkan menegaskan meski leading sektor kegiatannya adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, namun raihan penghargaan tersebut tidak lepas dari peran Forum Kabupaten Sehat (PKS) dan tim pembina Kabupaten Ciamis Sehat di tingkat kabupaten, forum komunikasi tingkat kecamatan dan kelompok kerja tingkat desa.

Struktur di dalam forum tersebut terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Seperti PKK, karang taruna, ormas, pemerintah kecamatan pemerintah desa dan didukung oleh pihak swasta.

“Keberhasilan meraih penghargaan ini tentunya untuk semua masyarakat Kabupaten Ciamis, karena semua pihak sudah mendukung kinerja pemerintah daerah. Sehingga, memperoleh predikat sebagai Kabupaten Sehat,” ungkapnya.

Pihaknya berharap penghargaan ini dapat memotivasi seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis untuk selalu berperilaku hidup sehat.

Tentunya, bukan hanya di rumah, namun juga sekolah, kantor dan perusahaan. Dengan penghargaan yang diraih, diharapkan semua pihak terus meningkatkan perilaku kehidupan yang bersih dan sehat.

“Dengan penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Ciamis ini juga, agar bisa motivasi semua pihak untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat menanamkan pola hidup sehat,” harapnya.

Halimah (30) warga Kecamatan Ciamis menyambut baik penghargaan Kabupaten Sehat yang telah diterima Kabupaten Ciamis dengan kategori Swasti Saba Padapa.

Artinya, Kabupaten Ciamis telah berhasil menyosialisasikan pola hidup sehat didukung pemenuhan sarana prasarana. “Semoga Kabupaten Ciamis bisa mempertahankannya serta lebih meningkatkan program kesehatannya,” ucapnya.

(iman sr/adv/humas)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.