Kelulusan SMA Nyaris Sempurna

178
0
Loading...

JAKARTA – Kelulusan jenjang SMA sederajat, yang antara lain berdasar nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN), diumumkan Kamis (3/5). Banyak daerah maupun satuan pendidikan yang mendapati tingkat kelulusan nyaris sempurna bahkan ada yang 100 persen.

Di DKI Jakarta misalnya. Tingkat kelulusannya mencapai 99,99 persen. Untuk kelompok SMA, dari jumlah peserta 56.474 peserta ujian ada sembilan siswa tidak lulus. Sedangkan di kelompok SMK, dari 68.472 peserta ujian ada 21 persen siswa tidak lulus.

Sementara itu di Kabupaten Bengkulu Selatan kelulusan jenjang SMA/MA/SMK mencapai 100 persen. Untuk kelompok SMA dan MA jumlah peserta ujiannya mencapai 2.051 orang, dinyatakan lulus semuanya. Sementara untuk kelompok SMK jumlah peserta ujiannya ada 565 siswa dan lulus semuanya.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menyampaikan pesan kepada siswa yang dinyatakan tidak lulus. “Dalam ujian yang namanya lulus dan tidak lulus adalah hal biasa,” tuturnya.

Menurut dia, setiap sekolah tentu wajar ingin angka kelulusan semaksimal mungkin. Tetapi jika ada siswa yang belum bisa mencapai standar kelulusan, tidak perlu dipaksa untuk dilakukan.

Loading...

Keputusan tidak lulus, menurut Bambang, merupakan sebuah bahan refleksi diri. “Keputusan tidak lulus perlu disikapi secara positif. Tidak perlu sakit hati, dendam ke guru atau sekolah,” jelasnya. Sebaliknya dengan keputusan tidak lulus itu diharapkan bisa menjadi semangat untuk menjadi lebih baik lagi.

Bambang mengingatkan keputusan kelulusan ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan. Dia menjelaskan ada tiga kriteria penentuan kelulusan. Yakni telah tuntas mengikuti pembelajaran. “Kalau jenjang SMA ya berarti tuntas mengikuti pembelajaran tiga tahun,” katanya.

Kemudian memiliki nilai minimal baik untuk aspek perilaku atau akhlak. Penentuan kelulusan ketiga adalah dinyatakan memenuhi standar minimal kelulusan USBN. Bambang menjelaskan ambang batas atau kriteria kelulusan USBN ditetapkan oleh masing-masing sekolah. (wan/jpnn)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.