Bawaslu Juga Akan Tertibkan Mobil Pribadi

70 APK Dicabut dari Angkot

20

CIAMIS – Petugas gabungan terdiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Satpol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis dan Polres Ciamis mencabut alat peraga kampanye (APK) yang menempel di angkot Kamis (16/12). Mereka menertibkan APK Pileg dan Pilpres.

Komisioner Bawaslu Ciamis Kordiv Penyelesaian Sengketa Fahmi Fajar Mustofa menjelaskan penertiban AKP oleh petugas gabungan di kawasan Terminal Ciamis yaitu menyasar khusus AKP di angkot atau angkutan umum lainnya.

“Kami berhasil mencabut sebanyak 70 APK yang menempel, baik kampanye caleg atau calon presiden,“ jelas Fahmi kepada wartawan di Terminal Ciamis Kamis (6/12).

Penertiban APK di angkutan umum, kata dia, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 22 tahun 2018 dan Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Karena APK yang dipasang di angkutan umum itu termasuk ke dalam pelanggaran.

“Jadi sebelum melakukan penertiban, prosedurnya sudah dilakukan dengan melakukan imbauan, bahkan koordinasi dan komunikasi dengan partai politik dan para caleg,” paparnya.

Bawaslu Ciamis menginstruksikan kepada panwascam di 27 kecamatan untuk sama melakukan penertiban APK.

Penertiban APK juga tidak hanya di mobil umum tapi stiker yang dipasang di mobil pribadi juga akan ditertibkan. Tentunya akan dilakukan penertibannya secara bertahap, karena yang boleh dipasang di mobil pribadi itu hanya logo partai politik saja bukan calon.

“Pada intinya kami akan diagen­dakan nantinya penertiban mobil pribadi dengan dipusatkan di satu titik nantinya,” paparnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.