8.500 Paket Operasi Pasar Murah Upaya Tekan Inflasi

43
OPERASI PASAR MURAH. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman memberikan paket sembako murah pada operasi pasar murah (OPM) di Kompleks Olahraga Dadaha, Rabu (15/5). (Fatkhur Rizqi/radartasikmalaya.com)

DADAHA – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mengadakan operasi pasar murah (OPM) bahan-bahan pokok di Kompleks Olahraga Dadaha, Rabu (15/5).

Dalam kegiatan ini ada 8.500 paket sembako untuk rumah tangga miskin dari 10 kecamatan. Paketnya berupa beras 5 kg, minyak goreng 3 liter, gula pasir 3 kg, dan daging sapi 1 kg.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menuturkan, pelaksanaan OPM yang bekerja sama dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Ciamis itu sebagai upaya untuk menekan kenaikan harga selama Ramadan dan Idul Fitri.

Anggaran subsidi OPM itu sebesar Rp 986.000.000 yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 1.823.250.000.

“OPM kali ini hanya 46 persen untuk subsidinya, karena kita perlu kestabilan juga antara pedagang dan masyarakat,” katanya

Menurut dia, stabilitas harga bahan-bahan pokok harus tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

Pemkot akan terus berkomitmen mengurangi tingkat inflasi di Kota Tasikmalaya. Inflasi di angka 2,30 persen saat ini merupakan paling rendah se-Jawa Barat dalam sejarah.

“Masyarakat jangan sampai panic buying adanya kenaikan harga saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Tenang persediaan selama untuk tiga bulan masih aman,” ujar dia.

Perwakilan Balai Pengembangan Mutu Barang Provinsi Jawa Barat Edy Subiantoro SH memaparkan, hari-hari akhir menjelang Ramadan, harga-harga bahan pokok mengganggu daya beli dan memberatkan warga kurang mampu. Maka dari itu, pihaknya mengadakan OPM di berbagai daerah.

“Kota Tasikmalaya ini mengajukan 8.500 rumah tangga miskin calon penerima subsidi untuk komoditi beras, gula pasir, minyak goreng dan daging sapi beku. Untuk mendapatkan empat jenis komoditi barang pokok tersebut bisa menukarkan kupon seharga Rp 98 ribu,” kata dia.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM-Perindag) Kota Tasikmalaya H M Firmansyah menyampaikan, OPM Kota Tasikmalaya bersumber dari APBD Pemprov Jawa Barat Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari di bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“Salah satu upaya untuk mengendalikan harga dan inflasi di Kota Tasikmalaya kegiatan operasi pasar murah ini dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Barat,” kata dia.

Ia menambahkan, isi paket itu terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 3 liter, gula pasir 3 kg dan daging sapi segar 1 kg.

Bila diuangkan sebesar Rp 214.500 per paketnya. Subsidi untuk paket tersebut sebesar Rp 116.000. Dengan demikian, masyarakat hanya membeli paket sembako itu Rp 98.500. (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.