8 April, 73 Desa di Kabupaten Tasik Gelar Pilkades Serentak

53
0
Loading...

Butuh Anggaran Lebih karena di Tengah Pandemi Covid-19
SINGAPARNA – Sebanyak 73 desa di 35 kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dijadwalkan 8 April 2021. Hal itu diungkapkan Kabag Pemerintahan Desa Setda Kab.Tasikmalaya Zainal Furqon kepada Radar, Jumat (5/2/2021).

Kata dia, pilkades tahun ini dasarnya mengacu Pergub No 37/2017 dan Perbup No 54/2018. “Ada hal yang berbeda dengan pilkades dibandingkan periode-periode sebelumnya. Pilkades tahun ini ada penyertaan aturan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19. Seperti, pengadaan APD serta jumlah petugas pun bertambah banyak,” ujarnya.

Furqon mengungkapkan, hal yang berbeda di tahun ini dari segi teknis. Setiap TPS paling banyak 500 orang pemilih, sehingga jumlah TPS pun akan bertambah yang otomatis menambah petugas. “Dampaknya terhadap honor dan anggaran,” kata dia.

Maka dari itu, kata dia, menyambut pilkades serentak ini harus benar-benar disiapkan dengan matang, termasuk dari sisi anggarannya. Karena banyak yang dibutuhkan, mulai dari alat pelindung diri, perlengkapan penerapan protokol kesehatan dan honor petugas yang lebih banyak. Mengingat jumlah TPS pun akan bertambah karena ada pembatasan orang untuk tidak berkerumun.

“Diharapkan Pilkades tahun ini berlangsung aman, damai, kondusif dan sukses sesuai harapan. Sehingga akan menghasilkan para pimpinan yang berkualitas. Dalam kesiapannya pun harus benar-benar matang,” kata dia, menjelaskan.

loading...

Salah satu Calon Kepala Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Yudha Heryadi mengaku akan maju kembali pada perhelatan pilkades serentak April mendatang. Ia mengaku ingin melanjutkan program yang sebelumnya sudah berjalan. Ke depannya berharap Desa Cikupa menjadi lebih baik lagi dalam kemajuan untuk masyarakat.

“Saat ini dukungan dari tokoh masyarakat cukup baik, karena saya sudah berpengalaman dalam periode kemarin. Sedikit banyaknya masyarakat sudah mengenal, mudah-mudahan bisa seirama dalam memajukan desa,” ucapnya. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.