Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.3%

7.1%

70.5%

8 Kecamatan di Garut Rawan Puting Beliung

93
0
Tubagus Agus Sofyan Kepala Bidan Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut

TAROGONG KIDUL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyebut beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Garut memasuki musim pancaroba.

Delapan kecamatan di Garut pun rawan dilanda bencana angin puting beliung.

Baca juga : Garut Batalkan KBM Tatap Muka SMA/SMK, Ini Penyebabnya

“Delapan kecamatan ini berada di wilayah Utara Garut. Daerah ini juga selalu terjadi angin puting beliung,” ujar Kepala Bidan Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan kepada wartawan Jumat (14/8).

Menurut dia, delapan wilayah yang rawan puting beliung yakni Kecamatan Pangatikan, Sucinaraja, Banyuresmi, Cibiuk, Selaawi, Limbangan, Kersamanah dan Malangbong.

Tubagus mengingatkan seluruh warga di delapan kecamatan tersebut meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di tengah anomali cuaca.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa terjadi gumpalan awan di samudera Hindia, sehingga kerawanan angin puting beliung semakin harus diwaspadai.

Angin puting beliung ekstrem ini, kata dia, sudah sempat terjadi di awal tahun 2020 dan merusak sejumlah rumah di beberapa kecamatan di utara Garut.

“Tidak ada korban jiwa, namun memang ada yang luka akibat peristiwa angin puting beliung tersebut,” sebutnya.

Rata-rata, dijelaskannya, angin puting beliung merusak bagian atap rumah dan menerbangkan genting-genting rumah milik warga. Adapun warga yang mengalami luka, itu akibat adanya warga yang tertimpa asbes.

Untuk meminimalisasi korban dalam terjangan angin puting beliung, Tubagus mengingatkan warga memilih untuk diam di dalam rumah. Menurutnya, keluar rumah saat angin puting beliung terjadi bukanlah pilihan yang tepat.

Baca juga : Kasus Positif Covid-19 di Garut Nambah 2 Pasien dari Cibiuk dan Kadungora

“Memang lebih baik bertahan di dalam rumah daripada keluar rumah malah tertimpa material bangunan rumah yang beterbangan. Arahan dari kita juga kepada warga saat sosialisasi adalah bertahan di dalam rumah sampai situasinya aman,” jelasnya.

Tubagus mengaku belum menerima adanya laporan terjadinya angin puting beliung di wilayah Kabupaten Garut. Meski demikian, di beberapa wilayah Indonesia, dalam pantauannya sudah terjadi hal tersebut. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.