Beranda Tasik Siap Bantuan RTLH Untuk 600 Rumah Pada Tahun 2018

Bantuan RTLH Untuk 600 Rumah Pada Tahun 2018

84
0
BERBAGI
Nana Heryana

SINGAPARNA – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Tasikmalaya mencatat ada 80 ribu rumah tidak layak huni (RTLH) yang tersebar di 39 kecamatan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRPK) Kabupaten Tasikmalaya Drs Nana Heryana MM mengatakan memang cukup merata rumah tidak layak huni di kabupaten, hampir setiap kecamatan terdapat permasalahan tersebut.

“Untuk 2018, ada bantuan RTLH sebanyak 600 rumah yang bersumber dari bantuan provinsi,” ujarnya kepada Radar, Senin (26/3).

Setiap tahunnya pemerintah terus berupaya mencari anggaran dalam memperbaiki secara bertahap rumah tidak layak huni yang jumlahnya masih banyak. “Bantuan RTLH terus dilakukan setiap tahun secara bertahap, dengan mencari anggaran dari provinsi atau pusat,” katanya.

Nana menjelaskan bantuan yang diberikan kepada warga pemilik rumah tidak layak huni bervariatif mulai dari Rp 7,5-15 juta. “Jumlah tersebut setelah dilakukan verifikasi kondisi bangunannya seperti apa,” ucapnya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ucu Mulyadi meminta pemerintah untuk selalu melakukan verifikasi rumah tidak layak setiap tahun, sehingga datanya bisa update. Kemudian harus ada keleluasaan bagi pemerintah desa untuk melakukan pengajuan data rumah tidak layak huni, sehingga bisa lebih tepat sasaran.

“Jadi tidak satu-satu didata. Dari 351 desa bisa mengajukan bantuan RTLH, nanti dinas tinggal memverifikasi mana saja desa yang sangat butuh program tersebut,” ungkapnya. Di Tasik Selatan masih banyak rumah tidak layak huni, diharapkan bisa menjadi prioritas utama. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here