800 Pengawas TPS di Pangandaran Ujung Tombak Pengawasan Pilkada

61
0
ISTIMEWA. BAWASLU. Jajaran Bawaslu telah memilih 800 Pengawas TPS untuk ditugaskan dalam Pilkada 2020. PTPS harus menjaga integritas.
ISTIMEWA. BAWASLU. Jajaran Bawaslu telah memilih 800 Pengawas TPS untuk ditugaskan dalam Pilkada 2020. PTPS harus menjaga integritas.

PANGANDARAN – Bawaslu Kabupaten Pangandaran akan melantik 800 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) terpilih pada 16 November mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan, yang mendaftar untuk menjadi seorang PTPS sebanyak 1.678 orang. “Dengan rincian 1.624 orang memenuhi syarat, sisanya tidak memenuhi syarat,” katanya kepada Radar, Kamis (12/11).

Menurutnya, dari 1.624 orang itu kemudian disaring lagi menjadi 800 orang, sesuai dengan kebutuhan. “Rencananya akan dilakukan pelantikan pada 16 November mendatang,” ucapnya.

Selanjutnya bagi peserta yang lulus seleksi PTPS, nantinya akan dilakukan rapid tes sebelum 7 hari pelantikan digelar. Tes ini dibiayai oleh Kantor Bawaslu Kabupaten Pangandaran. Jadwal pelantikan pada 16 November harus mematuhi protokol kesehatan.

“Adapun waktu PTPS bekerja, itu satu bulan. Terhitung 23 hari sebelum pelaksanaan Pilkada dan 7 hari setelah pelaksanaan, yang secara serentak pada 9 Desember mendatang,” ucap Iwan.

Baca juga : Drainase Jelek, Jalan Raya Parigi-Cigugur Pangandaran Terendam Air

Pelaksanaan pelantikan juga bersamaan dengan bimtek secara berkala yang akan dilaksanakan di kecamatan dengan pendampingan dari Bawaslu Kabupaten Pangandaran.
Iwan mengatakan, PTPS sebagai ujung tombak dalam pencoblosan nanti, maka ia berpesan agar mereka memiliki integritas dalam menjalankan tugasnya dengan maksimal.

“Harus menyukseskan dan bisa memastikan dalam proses pungutan hitung suara harus sesuai dengan aturan,” ucapnya.

Ia tidak menginginkan ada keberpihakan dari para petugas PTPS, terhadap calon yang maju dalam Pilkada kali ini. “Itu adalah hal yang sangat dilarang dan yang melanggar siap disanksi,” ujarnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.