81 Nakes di Garut Terlatih Vaksinasi Covid-19

25
0
PERSIAPAN. Pemkab Garut melaksanakan rapat persiapan vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Rabu (27/1). Yana taryana / rakyat garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus melakukan persiapan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama yang akan dilaksanakan pada 1 Februari 2021. Sebagai persiapan, Pemkab Garut mengadakan rapat bersama SKPD beserta perwakilan TNI dan Polri Rabu (27/1).

Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Setda Kabupaten Garut Nurdin Yana menjelaskan sebelum pelaksaan vaksinasi terhadap masyarakat umum, rencananya akan dilakukan kick-off terlebih dahulu.

“Untuk kick-off ini dilakukan terhadap unsur pimpinan daerah seperti bupati, wakil bupati, para kepala dinas, SKPD, termasuk influencer dan selebgram,” ujar Nurdin Yana kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Sopir Angkot Dipalak & Dianiaya, Ini Kata Organda Garut..

Menurut dia, dalam pelaksanaan kick-off vaksinasi pihaknya melihat dulu kesiapan di wilayah lain. Karena kegiatan tersebut harus serempak di 550 kabupaten/kota di Indonesia.

loading...

“Ini untuk kebutuhan entry-data, jadi harus masuk sistem. Pelaksanaan hari Sabtu itu paling lambat dilaksanakan kick-off ini,” terangnya.

Di sisi lain, kata dia, persiapan kegiatan vaksinisasi masih belum ideal karena baru 81 orang tenaga kesehatan yang sudah terlatih. Seharusnya ada 4 orang di setiap wilayah dari 80 wilayah/kecamatan, sehingga idealnya ada 320 orang yang terlatih.

“Bahwa kita sudah melakukan persiapan pelaksanaan dengan mekanisme. Pertama pendistribusian, alokasi pendistribusian vaksin, kemudian kesiapan nakes (tenaga kesehatan),” ujarnya.

Dia mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi, memang belum ideal, karena tempat vaksinasi saat ini disiapkan baru 81 titik. Sementara idealnya di satu wilayah ada empat titik tempat vaksinasi. “Kalau idealnya itu harus ada 320 titik, sementara yang kita siapkan saat ini baru 81 titik,” ujarnya.

Sebanyak 81 titik yang sudah disiapkan itu, kata dia, yakni 67 puskesmas, 6 rumah sakit dan 26 klinik. Dengan sasaran puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran dan klinik 963 sasaran.

Dinas Kesehatan Kabupaten Garut juga menyiapkan sarana penyimpanan vaksin terdiri dari 80 refrigerator dan 100 vaccine carrier dan 12.200 single dose vaksin Covid-19 beserta alat penunjang lainnya seperti alat pelindung diri (APD). (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.