85 Persen Layani Pasien BPJS

331
0
Istimewa SIMULASI. Tim Survei KARS saat menggelar simulasi penanganan terhadap perawat di Rumah Sakit Permata Bunda Tasikmalaya pada 17 Juni lalu.

TASIK – Di tengah adanya rumah sakit yang terancam putus kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Rumah Sakit Permata Bunda Tasikmalaya justru tetap melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pada pertengahan Juni lalu, rumah sakit di Jalan Brigjen Wasita Kusumah itu telah disurvei oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebagai syarat kerjasama dalam melayani pasien JKN. “Pada 17 -19 Juni lalu, kita baru saja menerima tim survei dari KARS. Sebagai tahapan dalam mengantongi akreditasi rumah sakit,” ujar Humas RS Permata Bunda Eka Dewi kepada Radar, Minggu (30/6).

Bahkan, kata dia, saat ini sudah diumumkan lewat website resmi KARS bahwa rumah sakit tersebut telah terakreditasi, kemudian tinggal menunggu penerbitan sertifikatnya yang berlaku selama 3 tahun ke depan. “Kami pun banyak mendapat pertanyaan beberapa waktu lalu, kaitan informasi rumah sakit yang terancam diputus kerjasama oleh BPJS Kesehatan. Alhamdulillah, di kami tetap terus bekerjasama karena persyaratan sudah lengkap,” terangnya memaparkan.

Termasuk pihaknya telah mengajukan perjanjian addendum kerjasama supaya dapat terus memberi pelayanan pasien JKN. Mengingat, rumah sakit tersebut didominasi pasien berkartu BPJS Kesehatan dengan presentase 85 persen, sementara sisanya umum dan asuransi.

Tim survei sendiri, kata dia, melakukan penilaian mencakup aspek medis, manajemen dan keperawatan. Kemudian, pada delapan bulan atau satu tahun ke depan akan kembali di survei memverifikasi sejauhmana implementasi dari pelayanan standar sesuai akreditasi diterapkan.

“Kemarin tim survei KARS kami terima langsung yang diketuai dr H Jumadi Santoso SpU, Direktur Rumah Sakit pun dr Fadila Azna Fury turut hadir menyambut dan melaksanakan beberapa tahap penilaian. Alhamdulillah berjalan lancar,” kata Eka. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.