9 PDP di Ciamis Meninggal, ODP 1.844

1232
1

CIAMIS – Ketua Pusat Informasi  dan Koordinasi (PIK) Covid -19 Ciamis, dr Bayu Yudiawan menerangkan, perkembangan virus corona hingga Minggu (03/05).

Untuk pasien postif tetap empat orang. Dua diantaranya telah sembuh. Sedangkan, kondisi dua  pasien konfirm positif merupakan orang tanpa gejala OTG.

Saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan masih melaksanakan protokol isolasi mandiri, menunggu hasil swab dua kali berturut-turut. “Jadi keduanya tetap kita awasi denga baik,” ujarnya.

Bayu melanjutkan, untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sebanyak 49 orang, selesai pengawasan 35 orang, dalam pengawasa 14 orang dan yang meninggak sembilan orang.

Bahwa mengenai penjelasan sembilan orang  PDP meninggal swab post mortemnya yang lima orang sudah keluar dan hasilnya negatif dan yang empat orang masih menunggu hasil.

“Namun pada dasarnya kematian PDP,  kebanyakan penyakit penyertanya. Adalah penyakit stroke, jantung hipertensi dan TBC serta penyakit infeksi kronis,” paparnya.

Bayu menambahkan, mengenai Orang Dala Pemantauan (ODP)  masih sebanyak 1.844 orang, selesai pangawasan 1.740 orang  dalam pengawasanya ada 104 orang.

Dimana mengenai ODP selama 14 hari dipantau terus oleh puskesmas masing-masing daerah dengan kartu pemantauan diisi tiap hari dan ada yang langsung diperiksa.

“Makanya yang ODP juga harus aktif bila ada keluhan, ada yang by phone langsung kepada para petugas di daerah. Namun sementara ini belum ada keluhan,” paparnya.

Untuk Migrasi Dalam Pemantuan (MDP) jumlahnya saat ini  36.576 orang, selesai pemantuan 28.594 orang dan dalam pemantauan 7.982 orang.

“Namun MDP Alhamdulillah menurun tidak seperti migrasi gelombang satu yang banyak. Meski kita ketahui sekarang tetap MDP masih ada, dan grafiknya flat saja,” terangnya.

Mengenai Polymerase Chain Reaction (PCR), tambah Bayu, pihaknya laksanakan terus dan hasilnya negatif belum ada tambahan kasus positif baru.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.