9 Pengawas TPS Pilkada Kabupaten Tasik Positif Covid-19

471
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com
Loading...

Sebanyak 40 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang reaktif Covid-19 sudah dilakukan uji swab test, hasilnya sembilan orang pengawas TPS di Pilkada Tasikmalaya 9 Desember 2020 tersebut dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Hal ini membuat Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya melakukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk diganti oleh pengawas TPS lain yang sehat.

Koordinator Divisi (Koordiv) SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, R Setia Surya mengungkapkan dari pelaksanaan rapid test terhadap pengawas kecamatan, kelurahan/desa dan TPS se-Kabupaten Tasikmalaya serentak Kamis (26/11) lalu, sebanyak 40 pengawas TPS reaktif Covid-19.

Selanjutnya, ke 40 PTPS tersebut menjalani uji Swab yang dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 kecamatan masing-masing. Hasilnya ada sembilan orang PTPS yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Surya, secara bertahap kesembilan pengawas TPS yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) atau diganti oleh pengawas TPS lain yang sehat dan terbebas dari virus Covid-19.

Loading...

Baca juga : Belasan Tempat Usaha di Kota Tasik Ditutup Selama November, Ini Sebabnya..

“Kami putuskan mana yang harus PAW dan isolasi mandiri, yang kita kejar semua harus ready ketika ada yang reaktif dan positif Covid-19. Maka langkah selanjutnya adalah PAW. Dan Kamis (3/12) finalnya kami umumkan keputusan terhadap sembilan pengawas TPS tersebut,” terang Surya, kepada Radar, Rabu (2/12).

Pada intinya, tambah dia, Bawaslu memastikan semua pengawas kecamatan, kelurahan/desa dan TPS sehat dan terbebas dari Covid-19. “Masyarakat tidak usah khawatir, untuk datang ke TPS saat menyalurkan hak pilih,” papar dia.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda SIP menambahkan persiapan Bawaslu menuju hari H pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS sudah hampir 100 persen.

“Kami sudah melaksanakan rapid test, termasuk melaksanakan PAW terhadap pengawas TPS yang positif Covid-19,” ungkapnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.