Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.3%

20.4%

8.3%

67%

91 Desa di Ciamis Terancam Kekeringan

74
1
DOKUMEN BPBD BAGIKAN AIR. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ciamis membagikan air bersih saat terjadi kekeringan 2019 di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng. Desa tersebut saat ini masih menjadi daerah rawan kekeringan saat memasuki musim kemarau.

CIAMIS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis mewaspadai kekeringan di 91 desa dan 223 dusun. Daerah-daerah itu tersebar di 23 kecamatan.

Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Dadang Darmawan menjelaskan mulai Agustus, di Ciamis menghadapi musim kemarau. Pihaknya kini telah memetakan penanganan kemarau di 91 desa tersebut.

Baca juga : Anggota DPRD Ciamis Laporkan Anak Gadisnya ke Polisi, Gara-gara Ini..

“Kami juga masih menunggu dari provinsi kaitan dengan penanganan kekeringan tersebut,” jelasnya kepada wartawan Selasa siang (11/8).

BPBD mengklaim telah melakukan sosialisasi penanganan kekeringan, terutama di 12 lokasi di selatan Ciamis. Seperti di Kecamatan Banjarsari, Pamarican dan Banjaranyar.

“Contohnya di Pamarican kemarin telah memberikan edukasi kepada kades serta kepala dusunnya supaya membuat sumur dan mencari mata air terdekat, bila sumur utama kering. Kalau ada mata air dekat petugas bisa langsung mendistribusikan langsung menggunakan mobil tangki,” ujar Dadang.

Pola tersebut, kata dia, dilaksanakan untuk menangani kekeringan 2019. Tahun lalu BPBD Ciamis telah melakukan distribusi air bersih sebanyak 428 tangki atau 2 juta liter bersih lebih.

Itu dari bulan Juli sampai bulan Agustus 2019. Bantuan air bersih itu termasuk dari donasi pihak ketiga.

“Makanya upaya kami menghadapi musim kemarau saat ini, kita ingatkan kepada masyarakat untuk menghemat air dan menggunakannya seperlunya,” ajaknya.

Baca juga : Positif Covid-19 di Ciamis Tambah 1 Kasus, PNS yang Bertugas di Kota Tasik

Memasuki musim kemarau tahun ini, BPBD Ciamis baru mendapatkan satu laporan wilayah yang kekeringan di satu desa di Kecamatan Pamarican. Pihaknya men­distribusikan air bersih satu tangki atau 3.500 liter ke desa tersebut.

“Kami ketahui sejauh ini masih relatif aman. Kalau ada laporan kami langsung menindaklanjutinya,” kata Dadang. (isr)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.