Penerapan Aturan Menteri PAN-RB Dinilai Bakal Sulit

Absen Masih Manual di OPD Jadi Kendala

176
0

BANJAR – Penerapan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 6/2018 tentang Hari Kerja dan Jam Kerja di Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dinilai akan sulit diterapkan. Pasalnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Banjar rata-rata masih menerapkan absensi manual. Dalam pengawasannya akan sedikit mengalami kesulitan.

“Kita mengikuti aturan yang berlaku. Cuma daerah harus menyiapkan sarana prasarana terkait pengawasan jam masuk dan jam pulang, absen semuanya harus sistem elektronik,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Kota Banjar Supratman Jumat (20/4).

Menurut dia, ketika OPD masih menerapkan absen manual maka harus ada petugas yang ditunjuk. Artinya, harus ada reward karena ada tambahan jam kerja untuk petugas tersebut.

Sejauh ini, terang dia, sanksi yang sudah diterapkan kepada para ASN yang terlambat masuk kerja yakni pemotongan tunjangan kinerja.

“Sanksi dalam ketentuan masuk kerja dihitung kumulatif dalam satu tahun, artinya tidak hadir jam-jaman dihitungnya,” kata dia.

Disinggung terkait jumlah absensi yang menerapkan scaner atau secara sistem elektronik, Supratman mengaku masih banyak yang menggunakan abseni manual.

“Belum punya data valid, tapi kalau melihat laporan bulanan tentang kehadiran PNS, absensinya rata-rata masih manual,” akunya.

Diberitakan sebelumnya, PNS KemenPAN-RB yang mengalami keterlambatan masuk kerja diwajibkan untuk mengganti waktu keterlambatan pada saat jam pulang kerja. Jam kerja PNS KemenPAN-RB diatur dalam pasal 3 ayat 1, yaitu Senin hingga Kamis pukul 07.30–16.00 dengan waktu istirahat pukul 12.00–13.00. Pada Jumat, jam kerja berlaku pukul 07.30–16.30 dengan jam istirahat pukul 11.30–13.00.

“Setiap keterlambatan yang ditoleransi paling lama 30 menit, harus diganti selama 30 menit. Wajib diganti hari itu juga, tidak boleh hari lain,” jelas Kepala Bagian SDM Kemenpan-RB Ugi Cahyo Setiono Kamis (19/4). (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.