Acis, Tumbuhkan Kepedulian terhadap Lingkungan

264
0
EDUKASI. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Unsil memberikan edukasi tentang sungai kepada siswa SDN 2 Cikalang.

TASIK – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya membentuk Gerakan Anak Cinta Sungai (Acis) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cikalang, Tasikmalaya.

Inisiator Acis Zarkasi Muhammad mengatakan gerakan ini merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat. Gerakan Acis menjadi salah satu upaya menumbuhkan rasa kepedulian dan cinta terhadap sungai.

”Gerakan ini perdana atau yang pertama kalinya dilaksanakan. Yang melatarbelakangi terbentuknya gerakan ini adalah melihat dari kondisi lingkungan saat ini yang sudah mulai rusak, kemudian banyak sungai yang sudah tercemar oleh sampah,” terang Zarkasi Sabtu (28/4).

Dia mengatakan gerakan pertama yang dipelopori oleh SDN 2 Cilakang Tasikmalaya tersebut terbentuk G-ACIS yang terdiri dari 42 siswa dari kelas 5.

Sesuai dengan tujuannya, gerakan ini untuk menjaga sungai menjadi bersih dan indah.

”Jadi untuk pertama ini kita mulai dari pemberian edukasi kepada anak-anak dan masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan dan sungai. Pada anak-anak juga kita berikan pemahaman tentang sungai dan pentingnya sungai bagi kehidupan,” tuturnya.

Kepala SDN 2 Cikalang Tasikmalaya N Rd Erni Aryani SPd menuturkan Gerakan Acis ini sangat baik. Terlebih jika melihat karakter anak muda saat ini sangat sedikit yang memiliki kepedulian dan kesadaran terhadap lingkungan.

“Harapan kami setelah selesai diadakan program G-ACIS ini para kader-kader G-ACIS memiliki rasa kepedulian dan cinta terhadap sungai dan menjadikan sekitaran sungai sebagai tempat bermain,” ungkap Erni. (ais)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.