ACT Tasikmalaya Kirim Bantuan ke Sulbar & Kalsel

41
0
DIANGKUT. Bantuan logistik di Kantor ACT Tasikmalaya untuk korban gempa bumi, banjir di Sulbar dan Kalsel diangkut ke truk untuk kemudian dibawa ke Jakarta, Jumat (22/1). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

TASIK – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya salurkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (22/1).

Bantuan tersebut disalurkan melalui kapal kemanusiaan yang disiapkan untuk membawa logistik berupa sembako dan kebutuhan lainnya.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Tasikmalaya Taufik Perdana mengatakan, dalam merespons kejadian bencana alam banjir di Kalsel dan gempa bumi di Sulbar, ACT pusat termasuk perwakilan dari Tasikmalaya bergerak dari hari pertama kejadian.

Relawan segera melakukan aksi-aksi emergency seperti rescue, mendirikan posko, mengaktifkan dapur umum dan lainnya. Saat ini aksi terus dilakukan.

“Posko dan relawan terus ditambah, hal tersebut menunjukkan kesiapan kita untuk menerima amanah para dermawan yang akan menitipkan bantuannya bagi saudara-saudara korban bencana di sana,” kata Taufik kepada Radar, kemarin.

loading...

Baca juga : Puluhan Rumah Rusak Dihempas Angin Kencang di Kota Tasik

Melihat dampak bencana yang cukup besar, terang dia, ACT Tasikmalaya berupaya untuk ikut aktif dalam membantu saudara sebangsa yang terdampak bencana di Kalsel dan Sulbar. “Kita juga mengajak warga Tasikmalaya dan sekitarnya untuk menunjukkan solidaritasnya dengan kampanye Tasikmalaya Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa. Kami berharap bahwa warga Tasikmalaya dan sekitarnya bisa memberikan bantuan terbaik bagi saudaranya di sana,” jelas dia.

Sejalan dengan rencana akan diberangkatkannya Kapal Kemanusiaan ACT untuk Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ini, jelas dia, ACT Tasikmalaya menargetkan akan memberangkatkan empat truk bantuan.

“Insyaallah kita menargetkan untuk bisa mengirimkan bantuan terbaik sebanyak empat truk, dua truk untuk Kalsel dan dua truk bantuan untuk Sulbar. Rencananya bantuan tersebut akan kita berangkatkan Senin (25/1) melalui pelabuhan di Jakarta,” ujarnya.

Koordinator Program ACT Tasikmalaya M Fauzi Ridwan menambahkan, program kapal kemanusiaan sudah pernah digulirkan sebelumnya untuk bantuan kemanusiaan ke Palestina, Afrika, Rohingnya dan Lombok/Palu.

“Insyaallah kapal kemanusiaan untuk Kalsel dan Sulbar. Kami berharap kapal kemanusiaan ini bisa mengakomodir jiwa kedermawanan dari setiap orang yang ingin membantu saudaranya yang membutuhkan,” papar dia. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.