Ada 34 Titik di 20 Kecamatan di Kabupaten Tasik Rawan Penularan Corona

217
0

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan hasil rapat koordinasi bahwa penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya sudah masuk wilayah dengan status risiko tinggi.

“Sehingga kita mengidentifikasi titik-titik mana saja yang betul-betul rawan penyebaran Covid-19. Maka setelah rapat koordinasi ini diputuskan nanti ada Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK),” terang Zen kepada wartawan.

Zen mencontohkan pemberlakuan PSMBK ini, seperti contoh ketika ada yang terpapar Covid-19 di salah satu pesantren, maka akan diberlakukan secara utuh PSMBK.

Kemudian bisa dilaksanakan di lingkungan masyarakat berbasis RT.

“Dari hasil rapat koordinasi tim gugus tugas Covid-19, bahwa ada sekitar 34 titik di 20 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya yang masuk rawan Covid-19 (berisiko tinggi, Red).

Kita masih pelajari, jadi ketika sudah ada di satu titik yang di-tracing kemudian tidak ada yang terpapar, maka tidak akan berlanjut pada PSBMK ini,” ungkap dia.

Baca juga : Gerindra Kerahkan Segala Jurus Menangkan Azies-Haris di Pilkada Kabupaten Tasik

Akan tetapi, ketika di satu titik dilaksanakan tracing, kemudian ada yang terpapar satu sampai empat orang. Maka PSBMK akan diberlakukan, dengan mengukur tingkat risikonya.

“Mana yang dianggap paling berisiko tinggi dalam penyebaran Covid-19 ini,” papar dia.

Dia menambahkan,khusus bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 disertai gejala, pihaknya RSUD SMC sudah menyiapkan dan menambah kapasitas ruangan sebanyak 24 empat tempat tidur untuk isolasi.

“Hal ini sebagai antisipasi lonjakan pasien, sekaligus agar pasien Covid-19 yang bergejala bisa ditangani cepat dengan baik,” paparnya.

Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, dr Reti Zia Dewi menambahkan hingga November 2020, jumlah peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tasik sebanyak 44 orang.

“Sebanyak 11 orang yang positif terpapar Covid-19 dirawat di RSUD SMC, sementara sisanya isolasi mandiri atau karantina sebagian ada di wisma haji dan dirumah. Termasuk ada empat ASN di lingkungan pemkab Tasik yang positif Covid-19,” tambah dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.