Ada Air Terjun Panas di Wisata Alam Cipatuh Sukahening Tasikmalaya

4992
0
ISTIMEWA POTENSI. Objek Wisata Alam Cipatuh di Desa Sundakerta Kecamatan Sukahening berpotensi dikembangkan menjadi destinasi wisata baru, Kamis (19/3).

SUKAHENING – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya akan mengembangkan potensi Objek Wisata Alam Cipatuh di Desa Sundakerta Kecamatan Sukahening.

Sekdis Disparpora Kabupaten Tasikmalaya Rudi mengatakan, Cipatuh merupakan tempat wisata air panas dengan tujuh pancuran yang sudah cukup terkenal di masyarakat. Setiap pancuran memiliki kolam dengan nama yang berbeda-beda, sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat yang berkunjung.

Baca juga : Pelaku Pembuat Video Bugil ABG Siswi MTs Tasik Ancam Korban & Keluarganya

Kata dia, lokasi wisata ini pun cukup strategis dan indah, karena berada di pegunungan perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Garut yang berdekatan dengan Wisata Talaga Bodas.

Jelas dia, untuk bisa mengunjungi tempat wisata alam pemandian air panas tujuh pancuran ini ada beberapa akses jalan alternatif. Di antaranya akses Jalan Ciawi–Singaparna ke arah Cigorowong, Ciherang atau bisa juga melewati jalur Rajapolah-Sukahening ke arah Kiarajangkung dan Kudadepa.

Kemudian, kata dia, perjalanan dilanjutkan sampai parkiran Curug Badak dan Curug Batu Hanoman yang berlokasi di Kampung Setiamulya, Desa Sukasetia, Kecamatan Sukahening. Kemudian pengunjung tinggal berjalan kaki dengan jarak kurang lebih dua kilometer sampai temapt wisata.

“Sampai saat ini belum banyak yang tahu keberadaan objek wisata tersebut, bahkan warga Kabupaten Tasikmalaya sekalipun. Pancuran air panas yang langsung dari alam itu ternyata bukan hanya digunakan untuk mandi saja. Namun, dipercaya berkhasiat untuk pengobatan,” ucapnya kepada Radar, Kamis (19/3).

Deni, pengelola Objek Wisata Cipatuh mengatakan pengelolaannya masih mandiri dan belum ada pengembangan serius oleh pemerintah. Padahal, lokasi ini memiliki sensasi lain yaitu pemandangan yang indah, selain air panasnya. “Lokasi pemandian air panas ini berada di atas gunung yang dikeliling hutan, jadi sangat indah dan nyaman sekali,” kata dia.

Lanjut dia, Objek Wisata Alam Cipatuh memiliki sarana pemandian yang ajaib, karena airnya pun memiliki tujuh rasa. Banyak yang memercayai khasiat dari air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu memiliki fasilitas untuk beristirahat yang sangat nyaman bersama keluarga.

“Sejauh ini terdapat sejumlah gazebo yang unik dan menyuguhkan panorama alam yang eksotis. Bahkan terdapat penginapan khusus bagi warga dari luar kota yang hendak berobat,” katanya.

Namun, kata dia, untuk menuju lokasi ini masih terkendala dari segi akses jalan. Pasalnya, pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi wisata. “Mudah-mudahan bisa ada akses jalan yang memudahkan masyarakat menuju lokasi wisata,” harapnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.