Gerindra Siap Berkoalisi dengan Partai Mana pun, Termasuk PDIP

Ade Belum Pikirkan Pilkada

49
0
AKRAB. Ketua Fraksi PPP Asop Sopiudin, Ketua DPC PDI Perjuangan Ade Sugianto dan Ketua DPC Partai Gerindra H Cecep Ruchimat (HCR) akrab usai menghadiri pelantikan pejabat sekda di Pendopo Lama, Selasa (21/5). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, H Ade Sugianto mengaku belum memikirkan soal koalisi partai politik untuk menghadapi Pilkada 2020. Karena, proses pesta demokrasi lima tahunan ini masih cukup lama.

“Soal koalisi di Pilkada 2020 belum terpikirkan dan kita berbicara sudah terlalu jauh,” ujarnya kepada Radar, usai pelantikan Drs H Iin Aminudin menjadi penjabat sekretaris daerah (sekda) di Pendopo Lama, Selasa (21/5).

Ade mengatakan saat ini partainya lebih fokus peningkatan kualitas kinerja partai yang diwakili oleh dewan PDI Perjuangan terpilih pada Pileg 2019. Sehingga, orang-orang terbaik ini bisa menjadi pelayan dan penyampai aspirasi masyarakat secara utuh. “Saya juga masih fokus sebagai kepala daerah,” ungkap yang juga bupati Tasikmalaya ini.

Jelas Ade, pihaknya mensyukuri atas raihan kursi PDI Perjuangan pada Pemilu 2019. Walaupun ada penurunan dari lima tahun lalu, Ade mengaku bersyukur masyarakat masih memberikan kepercayaan dalam mengemban amanah sebagai wakil rakyat. “Memang kita meraih enam kursi, tapi kalau raihan suara justru masuk tiga besar,” paparnya.

Lanjut dia, memang hasil pileg kali ini masih jauh dari harapan atau target partai. Awalnya, pihaknya menargetkan PDI Perjuangan menjadi partai pemenang di Pileg 2019. “Saya berharap menang (di Kabupaten Tasikmalaya, Red), ternyata Allah menakdirkan seperti ini. Tetapi bersyukur rakyat tetap memberikan kepercayaan sebagai seorang politisi,” katanya.

Selain itu, Ade pun mengucapkan syukur atas kemenangan pasangan Jokowi-Amin di Pilpres 2019 yang hasilnya sudah diumumkan KPU RI. “Akhirnya kerja keras semua pihak, seluruh warga negara Indonesia, juga masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang telah bersama-sama berjuang menyelenggarakan dan berpartisipasi di Pemilu 2019 ini dengan memberikan suaranya,” paparnya.

Tempat yang sama, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, H Cecep Ruchimat (HCR) mengaku sebagai partai politik rasanya sebuah keharusan untuk saling mengucapkan selamat atas raihan pada Pemilu 2019. “Gerindra dan PDI Perjuangan di Kabupaten Tasikmalaya selalu berjalan beriringan, silaturahmi dengan pimpinan partai pun terbangun dengan baik,” katanya.

HCR mengaku bersyukur atas raihan Gerindra pada Pileg 2019, dengan menempatkan sembilan kursi dan suara terbanyak se-Kabupaten Tasikmalaya. “Kita juga ucapkan selamat kepada PDI Perjuangan yang menduduki urutan ketiga suara partai terbanyak di Pileg Kabupaten Tasikmalaya,” ucapnya.

Lanjut HCR, berbicara peluang Gerindra pada Pilkada 2020 sangat terbuka dengan raihan suara terbanyak yang menjadi modal awal walaupun harus tetap menjalin koalisi untuk mengusung calon bupati. Namun, sejauh ini belum ada pembahasan soal koalisi. “Yang pasti kita harus berkoalisi, tapi dengan partai mananya belum ya. Yang pasti dengan semua partai berpeluang, termasuk dengan PDI Perjuangan,” paparnya.

Ketua Fraksi PPP Kabupaten Tasikmalaya, H Asop Sopiudin SAg menambahkan soal koalisi belum ada keputusan dari internal partai untuk Pilkada 2020. Yang jelas untuk saat ini masih sebagai partai pendukung periode kedua Uu-Ade. “Bicara koalisi belum. Kalau berbicara dekat, ya dengan semua partai pun kota dekat termasuk Gerindra dan PDI Perjuangan,” pungkasnya.(dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.