Pilbup Kabupaten Tasik, Ade-Haris Saling Sanjung

231
0
Istimewa. SILATURAHMI. H Ade Sugianto dan Haris Sanjaya salam komando usai bertemu belum lama ini.
Istimewa. SILATURAHMI. H Ade Sugianto dan Haris Sanjaya salam komando usai bertemu belum lama ini.

TASIK – Tensi politik menjelang Pilkada Kabupaten Tasikmalaya pada September 2020 semakin meningkat. Hal ini tak lepas dari mulai bergerilyanya kandidat yang diprediksi akan manggung di Kota Seribu Pesantren tersebut.

PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya yang kemungkinan besar mengusung sang petahana H Ade Sugianto mulai serius melakukan penjajakan untuk berkoalisi. Sinyal tersebut terlihat kala Bupati Tasikmalaya itu bertemu Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Haris Sanjaya di wilayah Kota Tasikmalaya.

Kemudian pertemuan berlanjut, hingga H Ade Sugianto secara resmi menyambangi kediaman Haris Sanjaya di Cineam Kabupaten Tasikmalaya belum lama ini. Pertemuan kedua petinggi partai di tingkat daerah ini, disinyalir sebagai upaya lobi politik dalam membangun koalisi di Pilkada 2020.

Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Usman Kusmana membenarkan intensnya komunikasi politik antara kedua ketua parpol tersebut.

“Ya betul (Ade Sugianto dan Haris Sanjaya, Red) mulai intens bertemu. Dan ini lumrah sebagai bagian komunikasi politik,” ujarnya Usman ketika dimintai keterangan oleh Radar, Minggu (5/1).

Dalam pertemuan tersebut, kata Usman, salah satu topik pembicaraan yang dibahas yakni soal perjalanan H Ade Sugianto memimpin pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya. Pasca bupati sebelumnya H Uu Ruzhanul Ulum menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat.

“Dan alhamdullillah, Pak Ade mengakui peran dan eksistensi politik PKB melalui fraksinya di DPRD yang berjumlah 8 kursi. Dan berharap masukan kritis dalam kerjasama politiknya hari ini dan ke depan,” terangnya.

Bahkan secara khusus, kata dia, H Ade Sugianto memuji karakter dan gaya kepemimpinan Haris Sanjaya baik sebagai ketua DPC PKB maupun saat menjadi unsur pimpinan di DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

“Pak Ade menilai, Haris Sanjaya merupakan politisi yang matang dengan gaya komunikasi dewasa,” ujar Usman menirukan pujian H Ade Sugianto.

Pada kesempatan itu, Usman menceritakan bahwa Ade Sugianto tak menampik silaturahmi tersebut sebagai upaya penjajakan koalisi antara PDI Perjuangan dan PKB.

”Ya bisa saja ke arah sana (membangun koalisi, Red). Karena dalam politik, komunikasi itu keniscayaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Haris Sanjaya mengungkapkan pertemuannya dengan H Ade Sugianto merupakan silaturahmi sesama ketua partai di daerah. “Tapi saya merasa tersanjung dan terhormat dikunjungi Pak Ade ke rumah,” tuturnya.

Terkait masalah koalisi di Pilkada 2020? Haris menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme partai. “Tergantung nanti saja (koalisi dengan siapa, Red), bagaimana rekomendasi DPP. Kalau pusat merestui dan memerintahkan saya maju, saya siap dan akan berjuang sekuat tenaga. Yang penting momentum PKB tak lepas dari kesempatan terbaiknya di pilkada kali ini,” tegas Haris.

Ditambahkan Haris, semua kemungkinan baik koalisi dan paket pasangan calon masih terus didiskusikan. “Komunikasi terus berjalan baik, menjaga soliditas internal PKB dan keluarga besar NU, maupun dengan pihak eksternal. Yang penting harga mati di Pilkada 2020 PKB harus menang.” terangnya.

Sementara itu, Ketua LPP DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Asep Hernandi mengatakan komunikasi antara PKB dan PDI Perjuangan selama ini cukup intensif.

“Setahu saya sudah beberapa kali bertemu untuk komunikasi antar pengurus DPC maupun Pak Ade dan Pak Haris. Progres komunikasi dan arah ke depan juga sudah cukup lumayan mengerucut,” kata Asep.

BERTEMU IWAN
Sebelumnya diketahui, Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Haris Sanjaya bersilaturahmi dengan H Iwan Saputra di kediamannya, Kota Tasikmalaya, Rabu (1/1).

“Tidak ngobrol masalah PKB, kita berbicara sebagai sesama anak bangsa, butuh silaturahmi. Kebetulan istrinya Pak Iwan pulang dari rumah sakit, jadi saya tidak sempat nengok ke rumah sakit, jadi langsung ke rumahnya ikut menjenguk dan mendoakan semoga istrinya cepat sembuh lagi,” ujar Haris.

Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Usman Kusmana MSI membenarkan adanya pertemuan atau silaturahmi antara ketua DPC dengan Iwan Saputra. Namun, dirinya mengaku tidak mengetahui apa yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

“Kalau adanya pertemuan iya, tapi konteks apa yang dibicarakan saya tidak tahu. Kebetulan saya tidak mendampingi,” katanya.

Pada intinya, tegas Usman, sikap PKB dalam menghadapi pilkada akan terbuka untuk siapa pun dan melakukan komunikasi dan konsolidasi dengan partai mana pun, termasuk para calon yang digadang-gadang maju di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020, salah satunya Iwan Saputra.(rls/kim/dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.