Jabatan Wabup Bisa Ringankan Beban Bupati di Sisa Periode

Ade Harus Benahi Birokrasi

108
Tatang Farhanul Hakim

SINGAPARNA – Wakil Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP resmi dilantik hari ini (3/12) di Gedung Sate. Banyak pekerjaan rumah yang menanti Ade untuk membawa Kabupaten Tasikmalaya lebih baik. Hal itu diungkapkan Bupati Tasikmalaya periode 2001-2006 dan 2006-2011 Dr H Tatang Farhanul Hakim (TFH) saat dihubungi Radar, Minggu (2/12).

Tatang berharap pelantikan Ade menjadi bupati definitif ini bisa menjadi solusi terhadap berbagai macam persoalan yang sedang melanda Kabupaten Tasikmalaya. Termasuk semua persoalan hukum di kabupaten harus benar-benar tuntas, sehingga tercipta daerah yang bersih. “Saya dapat informasi persoalan hukum yang selesai baru 20 persen.

Jadi sisanya 80 persen itu harus segera diungkap supaya menjadi proses pembelajaran bagi seluruh pejabat pemerintah. Paling tidak mereka ada trauma dan khawatir bila melakukan tindakan yang melanggar hukum,” katanya.

Selain itu, kata Tatang, pekerjaan rumah Ade juga harus mampu mengevaluasi seluruh program dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Karena sejauh ini kinerja SKPD dan program yang direalisasikannya belum maksimal dan sesuai dengan harapan masyarakat. “Era kepemimpinan Uu ini harus segera diubah, mula dari pelaksanaan pembangunan, kebijakan yang harus mengedepankan kepentingan masyarakat. Tapi tetap mengacu kepada aturan yang berlaku,” jelasnya.

Terpisah, Pengamat politik, sosial dan pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam menambahkan pekerjaan rumah Ade pada sisa periode ini bagaimana menghindari perilaku melanggar hukum yang terjadi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

“Maka dari itu wajib rasanya Pak Ade langsung mengambil langkah untuk evaluasi birokrasi. Karena hadirnya Polda Jabar dan Kejaksaan Tinggi serta Kejaksaan Agung di Kabupaten Tasikmalaya menandakan bahwa kabupaten tidak tertib,” paparnya.

Selain itu, Ade pun harus mampu merealisasikan aspirasi masyarakat. Mengingat, sejauh ini masih banyak suara-suara masyarakat yang belum terakomodir. Diantaranya infrastruktur jalan, masih banyak akses penunjang aktivitas masyarakat yang kondisinya memprihatinkan.

Asep pun mengharapkan Ade bisa secepatnya menentukan wakil bupati untuk mendampinginya pada sisa jabatan ini. Supaya tidak terlalu cape berjalan sendiri dengan persoalan yang begitu banyak dan harus dibenahi. “Dengan lengkapnya kepala daerah, pekerjaan yang banyak pada sisa jabatan ini bisa diselesaikan dengan baik,” tandasnya. (ujg)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.