Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.4%

54.4%

6.9%

0.7%

13%

0%

22.4%

0%

Ade Setujui Pengisian Wabup, Berkas Wakil Bupati Tinggal Masuk DPRD

174
0
MENYERAHKAN. Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya Daud Ripai mewakili partai koalisi Uu-Ade menyerahkan berkas dokumen pengisian wakil bupati ke Bupati Tasik Ade Sugianto, Senin (2/12). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Pengisian jabatan wakil bupati di sisa periode ini tinggal selangkah lagi. Hal itu setelah partai pengusung dan pendukung koalisi Uu-Ade bersama Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto menyepakati untuk mengisi jabatan wakil bupati (wabup). Artinya mekanisme ini tinggal diusulkan ke DPRD untuk ditentukan satu terbaik.

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya mengundang para pimpinan dan pengurus partai politik (parpol) pendukung dan pengusung seperti PAN, PPP, Golkar dan PKS untuk membahas pengisian wakil bupati Tasikmalaya sisa masa bakti 2016-2021.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya sekaligus Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP yang diwakili Sekretaris Aef Syarifudin mengatakan, pertemuan ini untuk menyepakati pengisian wakil bupati.

“Dalam pertemuan ini, kami menyampaikan bahwa proses pengisian kekosongan wakil bupati di PDI Perjuangan sudah selesai. Rekomendasi persetujuan dari DPP PDIP untuk kedua nama yang diusulkan oleh PAN dan PKS sudah keluar,” ujarnya.

Menurut Aef, setelah keluarnya rekomendasi dari DPP PDIP, ditindaklanjuti dengan silaturahmi bersama para pimpinan partai politik pengusung maupun pendukung koalisi Uu-Ade, dengan PAN, PKS, Golkar dan PPP. Hanya pengurus dari PKS tidak hadir, karena sedang menghadiri acara di Tasik Selatan.

“Namun sudah komunikasi dengan kita dan sepakat. Jadi hasil rekomendasi yang sudah keluar dari DPP PDIP, kemudian kesepakatan parpol koalisi Uu-Ade untuk mengisi wakil bupati akan segera ditindaklanjuti lewat mekanisme yang ada,” katanya.

Mekanismenya, jelas Aef, setelah disepakati oleh partai pengusung Uu-Ade, disampaikan kepada Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto dan kemudian disampaikan lagi ke DPRD untuk ditindaklanjuti melaui tahapan mekanisme pemilihan wabup, dipilih satu orang.

“Hari ini sudah disepakati dan disampaikan kepada bupati dan bupati sudah menandatangani surat usulan wabup serta siap untuk meneruskannya ke DPRD dengan calon dari PAN Deni R Sagara dan PKS Heri Ahmadi,” katanya.

Selanjutnya, Aef bersama para pengurus dan pimpinan partai koalisi Uu-Ade menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada di dalam tata tertib DPRD untuk pemilihan pengisian wakil bupati Tasikmalaya. “Kami serahkan semuanya kepada mekanisme di DPRD,” ujarnya.

Wakil Ketua I DPW PAN Provinsi Jawa Barat Deni Sagara SFil mengatakan, pertemuan dengan pengurus dan pimpinan parpol koalisi Uu-Ade ini dalam rangka silaturahmi. “Kita semua parpol koalisi Uu-Ade yang berjuang pada Pilkada 2015 lalu ikut menyampaikan perkembangan berkaitan pembangunan Kabupaten Tasik. Termasuk dibahas soal pengisian wakil bupati juga,” katanya.

Kata Deni, dalam pertemuan ini disepakati oleh semua partai pengusung dan pendukung untuk pengisian wakil bupati Tasikmalaya diisi dalam waktu dekat, sesuai dengan tahapan dan mekanisme yang ada.

“Dua nama calon wakil bupati yang diusulkan tetap sesuai usulan awal dua nama, satu dari PAN dan satu dari PKS. Sekarang dua nama sudah diusulkan kepada bupati dan bupati nanti ke DPRD,” kata Deni.

Sebagai salah satu pengurus parpol koalisi Uu-Ade, Deni menyebutkan pengisian calon wakil bupati akan diisi dalam waktu secepatnya. “Dipilih waktu terbaik dan tepat, sesuai aturan dan tahapan yang ada di DPRD,” tambah dia.

Sekretaris DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya H Ujang Mulyana mengatakan undangan ini untuk silaturahmi dan kesepakatan dalam pengisian jabatan wakil bupati. “Ya silaturahmi ini dalam rangka pengisian wakil bupati, PPP sangat mendorong untuk segera diisi wakil bupati,” kata dia.

Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya R Toni Hanip mengaku sepakat dengan diisinya posisi jabatan wakil bupati yang sudah lama kosong. “Kita mengikuti mekanisme yang ada, untuk membangun Kabupaten Tasikmalaya ke depan, tidak ada salahnya kekosongan wakil bupati diisi,” kata dia.

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya Dedi Kurniawan ST MM mengatakan, pihaknya tidak bisa menghadiri pertemuan dengan parpol koalisi Uu-Ade lainnya, karena semua pengurus ada kegiatan di wilayah Tasik Selatan. Namun sudah sepakat untuk pengisian wakil bupati ini.

“Intinya sesuai usulan awal PKS sepakat wakil bupati diisi dan ada perubahan nama dari Tetep Abdulatip menjadi Heri Ahmadi dengan pertimbangan calon dan partai,” ungkap Dedi. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.