Belum Ada Persiapan Khusus Jelang Pengangkatan Menjadi Bupati Definitif

Ade Sugianto Resmi Dilantik Jadi Bupati Nanti Senin

94
UNDANGAN. Surat undangan pelantikan Ade Sugianto menjadi bupati definitif akan segera disebar.

SINGAPARNA – Resmi, Wakil Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP akan dilantik menjadi bupati definitif pada Senin (3/12) di Gedung Sate, Bandung. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ir Zaenal Purkon saat dihubungi Radar, Jumat (30/11).

“Diresmikannya jadwal pelantikan setelah digelarnya rapat terkait kekosongan bupati Tasikmalaya bersama Pemprov Jabar di Ruang Sanggabuana Gedung Sate. Sudah diputuskan untuk pelantikan Pak Ade Sugianto pada Senin (3/12) oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil,” ujarnya.

Terang Zaenal, untuk jadwal pelantikan Ade Sugianto menjadi bupati definitif tidak disatukan dengan daerah penyelenggara pilkada serentak. Karena di Kabupaten Tasikmalaya bukan hasil pilkada serentak. Tetapi ada kekosongan jabatan bupati sisa masa jabatan 2018-2021. ”Jadi pelantikannya terpisah, kita jadwalnya Senin (3/12). Sedangkan untuk daerah peserta pilkada serentak seperti Banjar pada Selasa (4/12),” jelasnya.

Kata dia, pihaknya langsung menyiapkan segala sesuatu jelang pelantikan. “Jadi intinya bagian protokol dan bagian umum Setda Kabupaten Tasikmalaya sedang menunggu surat undangan untuk para tamu undangan yang dipersilahkan hadir pada saat pelantikan,” ujarnya.

Wakil Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP mengaku baru mendapatkan informasi bahwa pelantikan akan dilakukan Senin (3/12). Walaupun sudah ada jadwal resmi, belum ada persiapan apa pun yang dilakukan. “Nah itu dia, jas pun belum ada. Jadi kalau memang pemerintah pusat melantik bupati, dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf pada masyarakat yang mungkin tidak bisa kami undang. Memang mendadak informasinya, anak-anak dan istri saya juga belum tahu, sedang di luar kota,” ungkap.

Ketika ditanya soal pengisian calon wakil bupati? Ade mengaku belum terpikir ke sana. “Enggak, itu bukan ranah saya. Nanti ada mekanisme, tahapannya diusulkan partai pengusung dan dipilih oleh DPRD,” jelas.

Terpisah, Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Dzulfikri SE menyambut baik adanya jadwal pelantikan Ade Sugianto pada Senin. Karena memang sudah seharusnya segera dilakukan pelantikan bupati definitif. “Karena banyak sekali kepentingan pemerintah yang berhubungan dengan masyarakat harus disikapi oleh bupati definitif,” paparnya.

Soal jabatan wakil bupati, kata Asep, PAN tidak akan terburu-buru untuk mengusulkan nama walaupun jadwal pelantikan bupati definitif sudah muncul. Karena untuk mekanisme itu berjalan secara normatif. “Nanti kalau sudah waktunya pasti akan muncul,” ungkapnya.

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Tasikmalaya Dadi Supriadi menyambut baik keluarnya jadwal pelantikan Ade Sugianto menjadi bupati definitif. “(Usai pelantikan, Red) kita akan segera mengusulkan nama wakil bupati, segera berkoordinasi dengan PAN dan Pak Ade Sugianto,” ungkapnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.