Adipura Baru Dibangun, yang Bersejarah Dirobohkan

101
0
SIMBOL SEJARAH. Suasana di Tugu Adipura di kawasan Masjid Agung-Taman Kota (Tamkot), Selasa (4/9).

SELAIN menanam pohon plastik di median Jalan HZ Mustofa, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya juga mulai menggarap pemindahan Tugu Adipura dari kawasan Taman Kota (Tamkot) ke Simpang Padayungan.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perwaskim Kota Tasikmalaya Dedi Hermawan menerangkan pembangunan Tugu Adipura bari di Simpang Padayungan sudah berjalan sejak 5 November. Proyek ini ditargetkan selesai 21 Desember. “Lama kontrak pekerjaan 45 hari. Jadi selesai pada 21 Desember 2018,” ungkapnya kepada Radar, Rabu (14/11).

Anggaran yang digelontorkan untuk proyek tersebut sebesar Rp 168.200.000. Setelah tugu baru itu selesai dibangun, barulah Tugu Adipura bersejarah di kawasan Masjid Agung-Tamkot dihancurkan.

Salah seorang pengguna Jalan HZ Mustofa Irman Alfian (32) menyayangkan rencana pemugaran Tugu Adipura di Tamkot itu. Pasalnya tugu legendaris tersebut sebagai salah satu ikon prestasi yang pernah diraih Tasikmalaya. “Cukup fenomenal. Toh sekarang susah dapat lagi ya Prestasi Adipura-nya,” keluh dia.

“Ya kalau dianggap mengganggu, dipindah juga tidak apa-apa. Asalkan ditempatkan dengan layak karena itu prestasi masyarakat juga bukan hanya pemerintah,” ungkap pengguna jalan lainnya, Indri Rianti (27). (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.