Beranda Ciamis Administrasi Dana Desa Harus Tertib

Administrasi Dana Desa Harus Tertib

201
BERBAGI
ilustrasi

CIAMIS – Anggota Komisi I DPRD Ciamis H Tito Achmad Setra mengimbau pemerintah desa lebih tertib administrasi dalam menggunakan Dana Desa (DD). Seperti surat pertanggungjawaban (SPJ), literasi dan hal-hal lain yang menjadi syarat pencairan DD.

“Justru kekhawatiran itu adalah masalah hukum. Ketika dicairkan ternyata yang syarat sebelumnya adanya kesalahan, (maka penerima DD) akan terlibat hukum. Jadi bentuk kehati-hatian itu harus secara rinci dalam SPJ,” ungkap Tito saat ditemui di Gedung DPRD Ciamis Selasa pagi (27/3).

Menurutnya, dana desa yang digelontorkan dari APBN sangat efektif untuk membangun desa dari pinggiran. Tinggal bagaimana pemerintah desa memaksimalkan dana tersebut untuk pembangunan. Baik infrastruktur maupun ekonomi dan sumber daya manusia (SDM).

“Yang jelas, kalau akses jalan yang ada perbaikan dari dana desa tentunya penjualan hasil bumi akan lancar,” tuturnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Partisipasi dan Swadaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis Irwan Effendi mengakui banyak desa yang belum mencairkan DD. Hal itu disebabkan adanya kendala dari pihak desa dalam memosting persyaratan pencairan.

Dana Deas menurutnya, harus di­per­gunakan untuk ber­ba­gai pem­ba­ngunan. Baik fisik maupun non fisik dalam rangka memajukan desa. Na­mun dia me­ngi­ngatkan desa untuk le­bih tertib dalam pengadministrasian penggunaan DD.

Untuk itu Dinas Pem­ber­dayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis melakukan sosialisasi syarat-syarat pelaporan dana desa. Juga bekerjasama dengan Inspektorat, kepolisian dan kejaksaan untuk pengawasan penggunaan dana tersebut.

“Diharapkan desa tidak terlibat hukum dan DD tepat sasaran sesuai aturan yang ada. Alhamdulillah, semua desa sejauh ini tidak sampai ada yang terlibat dan semua tertib administrasi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dari 258 desa yang ada di Ciamis baru 71 desa yang mencairkan DD tahap 1 tahun 2018. Sisanya 187 desa belum menerima pencairan. Sebagian ada yang belum menyerahkan persyaratan dan sebagian lagi sedang dalam proses. (isr)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.