Adu Kreativitas di Ajang LKSN

35
0
LOMBA. Darsono SPd memantau pelaksanaan LKSN PKLS Tingkat Kota Tasikmalaya di SLB Negeri Tamansari Selasa (6/8). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Sebanyak 25 siswa berkebutuhan khusus mengikuti Lomba Keterampilan Siswa Nasional Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (LKSN PKLS) Tingkat Kota Tasikmalaya di SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya Selasa (6/8). Lomba ini digelar untuk mewadahi potensi anak berkebutuhan khusus (ABK) jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) LKSN PKLS Kota Tasikmalaya Darsono SPd mengatakan, LKSN PKLS ini diikuti siswa tunarungu, tunawicara serta tunagrahita dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Bahagia, SLB Aisyiyah Kawalu, SLB Insan Sejahtera, SLB Argasari Lestari, SLB Patriot dan SLB Negeri Tamansari. Mata lombanya yakni menjahit, batik, hantaran, merangkai bunga, kecantikan, tata boga, kriya kayu, IT dan kreasi barang bekas (limbah).

“Tujuannya meningkatkan semangat kemandirian untuk ABK dalam berkarya dan berprestasi,” katanya.

Ajang ini juga mendorong ABK untuk mengaktualisasi diri dan bersaing secara sehat dalam mencapai prestasi sesuai kemampuan yang dimiliki. “Lomba ini bisa menggali dan memberikan dorongan kepada peserta didik ABK untuk mengembangkan potensi dan keterampilannya secara optimal. Di balik kekurangan yang dimiliki, anak-anak ini punya kelebihan yang unik,” katanya. Selain itu, melalui lomba ini diharapkan ABK bisa percaya diri dalam mengembangkan ide-ide kreatif demi menunjang masa depannya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.