Agar Bisa Shalat Ied, MUI Garut Minta Pemkab Buka Status Covid-19 Tiap Wilayah

204
0
KH Sirodjul Munir Ketua MUI Garut

TAROGONG KIDUL – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut meminta Pemerintah Kabupaten Garut segera menetapkan status zona covid-19 di setiap wilayah.

Hal itu dilakukan supaya bisa ditentukan pelaksanaan salat Idul Fitri berjamaah atau tidak.

Baca juga : Calon Siswa Baru di Garut Bisa Daftar Online atau Datang Langsung

“Saat ini belum ada penetapan wilayah secara detail terkait zona merah, kuning atau hijau pandemi Covid-19,” ujar Ketua MUI Garut KH Sirodjul Munir kepada wartawan di kantornya Jumat (15/5).

Menurut dia, penentuan status wilayah secara detail perlu dilakukan. Hal itu untuk menentukan daerah mana yang boleh melaksanakan salat Idul Fitri secara berjamaah.

“Fatwa dari MUI, pelaksanaan salat Idul Fitri ini kondisional, tergantung wilayahnya. Kalau masuk zona merah itu tidak bisa melaksanakan salat berjamaah. Sementara kalau zona kuning dan hijau, itu masih bisa,” terangnya.

Terkait itu, pihaknya akan secepatnya mengirim surat ke bupati untuk meminta kejelasan terkait zona di setiap wilayah.

Sebab, kata dia, harus segera diputuskan karena umat Islam akan segera memasuki hari raya dan melaksanakan salat Idul Fitri.

Munir menerangkan belum ada kejelasan status wilayah menimbulkan kecemasan di masyarakat. Seperti penutupan Masjid Agung Garut yang katanya masuk zona merah.

“Tapi dari gugus tugas itu tidak ada surat edaran kalau Masjid Agung masuk zona merah. Padahal kalau ada suratnya, MUI juga akan mendukung,” ujarnya.

Baca juga : Lagi, 1 Pasien Positif Corona di Garut Sembuh dan Sudah Pulang ke Selaawi

Ketegasan pemerintah sangat dinantikan saat ini. Masyarakat menunggu keputusan untuk pelaksanaan salat Idul Fitri.

“Harus ada keberaniannya (pemerintah) soal penentuan zona. Ini bukan ranah MUI. Kalau kami mempersilakan untuk salat berjamaah, asal wilayahnya tak masuk zona merah,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.