Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Agar BPBD Siap Siaga, Wali Kota Tasik Lakukan Ini..

11
0

TAWANG – Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, sempat memeriksa langsung kelengkapan alat-alat penanggulangan bencana di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasik.

Hal ini dilakukan agar selalu siap siaga ketika terjadi bencana alam. Pemeriksaan dilakukan Budi, Kamis (10/10).

“Saya apresiasi semangat dan kesigapan BPBD Kota Tasikmalaya. Kita bisa melihat di musim kemarau yang cukup panjang hampir 6 bulan ini, BPBD rutin melayani seluruh kecamatan dengan 48 kelurahan yang dilayani. Kurang lebih 110 ribu masyarakat yang dibantu air bersih,” ujar Budi kepada radartasikmalaya.com.

Terang Budi, sampai 8 Oktober 2019 saja, BPBD sudah menyalurkan 4 juta liter air bersih. “Posisi BPBD ini memang posisinya siap siaga. Maka dilakukan Apel Kesiapsiagaan ini. Karena bencana bisa datang kapan saja walaupun kita tidak berharap. Hujan sebentar lagi mulai terlihat tanda-tandanya akan turun dan harus kita antisipasi seperti banjir,” terangnya.

Maka, tambah Budi, kesiapsiagaan BPBD memang harus dilakukan. Termasuk kesiapsiagaan peralatannya yang lengkap.

“Saya harap selain alat-alat BPBD semakin lengkap dan berkualitas, juga sering melakukan latihan kesiapsiagaan bencana. Agar kemampun menggunakan alat teruji. Dan alat-alat yang canggih juga harus betul-betul dikuasai serta dipelajari agar ketika dipergunakan sudah siap,” tambahnya.

Kepala BPBD, Ucu Anwar menuturkan, ini adalah pemeriksaan peralatan yang dimungkinkan dan digunakan untuk kedarutan bencana.

Selain alat, BPBD juga akan terus mensinergikan Sumber Daya Manusia (SDM) di lapangan dalam rangka aksi di lapangan. Karena dari sisi perlengkapan peralatan sudah cukup.

“Semua dinas teknis akan kita undang ke BPBD sebagai bagian dari Tim Rekasi Cepat (TRC) dan pak wali kota telah sepakat akan menginstruksikan para personel di dinas teknis agar stand by di BPBD selama masa darurat kebencanaan,” pungkasnya.

(rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.