Agar Pupuk Bersubsidi Tepat Sasaran, 106 Petani Cihaurbeuti Ciamis Terima Kartu Tani

129
0
SERAHKAN KARTU TANI. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis S Budi Wibowo menyerahkan kartu tani kepada salah satu petani di aula Desa Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti, Kamis (15/10). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

Sebanyak 106 Petani di Lima Desa Mendapatkan Kartu Tani
CIAMIS – Sebanyak 106 petani dari lima desa di Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis mendapatkan kartu tani (kartani).

Dengan demikian, mereka bisa menebus pupuk bersubsidi.
Penyerahan kartu tani kepada petani dari Desa Cijulang, Cihaurbeuti, Sukahaji, Sukamulya dan Pasirtamiang itu dilaksanakan di aula Desa Cijulang, Kamis (15/10).

Baca juga : Para Pengrajin Tikar Pandan di Rajadesa Ciamis Dapat Bantuan Beras dari Polisi

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis S Budi Wibowo menjelaskan fungsi dari kartu tani ini yaitu untuk menebus pupuk subsidi.

Di dalam kartu tani itu ada kuota per petani yang disesuaikan dengan lahan garapan petani. Kuota di kartu tani tersebut berlaku untuk masa satu tahun. Mulai Januari hingga Desember.

Penebusan pupuk menggunakan kartu tani, kata Budi, sudah wajib sejak sebelumnya. Namun khusus untuk Ciamis, kata dia, diwajibkan mulai 1 September 2020.

“Tergetan Dinas Pertanian adalah petani semua ke depan harus pakai kartu tani. Petani juga harus masuk kelompok (tani). Kalau tidak masuk kelompok (tani) tidak bisa, karena dasarnya kebutuhannya disusun di RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok, Red),” paparnya.

Para petani di Ciamis diimbau juga saat akan membeli pupuk bersubsidi nanti harus sesuai zonasi. Karena kalau tidak sesuai zonasi, maka nantinya tidak bisa dilayani.

“Pada intinya kartu tani juga meminimalisir oknum-okum yang akan membeli pupuk dalam jumlah banyak tidak sesuai dengan lahan serta dijual belikan tidak wajar juga,” tegasnya.

Staf Area Kartani Bank Mandiri Ari Ahdiat menjelaskan kartu tani (kartani) dicetak Bank Mandiri berdasarkan usulan dari Dinas Pertanian. “Sementara ini untuk yang dicetak untuk Ciamis sebanyak 118.000-an,” ujarnya.

“Sepanjang ada usulan dari dinas terus dilakukan pencetakan, dengan melakukan verifikasi dan validasi kebenarannya, “ ucapnya.

Intinya kartu tani untuk memudahkan petani menebus pupuk bersubsidi. Di samping itu kartu tani bisa dipakai bertransaksi lain. “Namun untuk kartu tani ini keuntungannya tidak ada potongan biaya atau administrasi,” terangnya.

Baca juga : Pupuk Bersubsidi di Ciamis Mulai Disalurkan ke Beberapa Kecamatan

Kepala Desa Cijulang Daryono Hasan Arif berterimakasih atas pendistribusian kartu tani kepada petani di desanya dan desa lainnya. Karena setelah mendapatkan kartu tani, mereka akan mudah mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Semoga pembagian kartu tani bisa terus bertahap sehingga yang belum dapat bisa terakomodir juga,” harap tokoh yang akrab dipanggil Jono ini. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.