Agendakan Kegiatan dan Maksimalkan Fungsi DPRD Kabupaten Tasik Lewat Banmus

158
0

Rencana Kerja Kegiatan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020 Sudah Terkonsep dan Terjadwalkan.

Termasuk membahas surat masuk dan aspirasi masyarakat yang masuk lewat personal masing-masing anggota dewan di daerah pemilihan (Dapil)-nya.

Selain itu agenda masa persidangan, reses termasuk kunjungan kerja (kunker) diagendakan dan dijadwalkan lewat Banmus baik yang sifatnya per-triwulan atau empat bulan sekali, maupun selama satu tahun.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Fraksi PKB, H Ami Fahmi ST menjelaskan, badan musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Tasikmalaya telah beberapa kali melaksanakan rapat.

“Kita sudah melakukan penjadwalan atau agenda kegiatan perencanaan di DPRD, apakah itu yang bersifat satu tahun atau per empat bulan,” kata Ami, beberapa waktu lalu.

Termasuk ketika ada surat-surat masuk terkait agenda audiensi dari masyarakat, dijadwalkan juga lewat rapat banmus. Kemudian didelegasikan ke komisi-komisi terkait, untuk menjadwalkan dan menerima audiensi tersebut.

Kemudian Banmus juga, kata Ami, membahas hal-hal krusial yang sifatnya kegiatan di DPRD Kabupaten Tasikmalaya  dengan dimusyawarahkan dan dirumuskan lewat rapat.

“Misalkan ada Ranperda yang diusulkan baik oleh eksekutif atau legislatif itu dibahas di Banmus, termasuk kita sudah menjadwalkan pelaksanaan paripurna dan kegiatan dewan lainnya,” terang dia.

Adapun kegiatan yang sifatnya per triwulan yang tentatif, sudah terjadwalkan selama tahun 2020. Dan selama masa persidangan pertama ada fokus kegiatan.

“Contoh, ada berapa Ranperda yang akan kita selesaikan di masa persidangan dewan pertama, kedua dan selanjutnya. Kemudian tentang kunjungan kerja berapa kali dalam satu masa persidangan dan reses, empat bulan sekali,” ungkap dia.

Pada prinsipnya, tambah dia, rapat banmus ini untuk mengkonsep rencana kerja dewan selama empat bulan sekali atau selama satu tahun.

“Setiap penjadwalan di DPRD itu semua sesuai kesepakatan bersama antara anggota dewan yang masuk dalam Banmus, perwakilan fraksi dan komisi,” jelas dia.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al-Ayubi SP menambahkan, fokus kerja dewan ditahun ini dimaksimalkan dan dioptimalkan sesuai dengan fungsi dewan baik legislasi, budgeting dan pengawasan.

Untuk fungsi legislasi, terang dia, DPRD Kabupaten Tasikmalaya menargetkan bisa merealisasikan peraturan daerah (Perda) sampai lebih dari lima. Baik usul inisiatif dewan atas lewat aspirasi masyarakat ataupun usul eksekutif dinas terkait.

“Target realisasi pembentukan Perda juga disesuaikan dengan anggaran yang ada di DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Nanti di anggaran perubahan kita juga punya target bisa menambah pembentukan Perda,” target dia.

Fungsi kontroling atau pengawasan DPRD, lanjut dia, sangat penting, karena menyangkut implementasi pengawasan baik APBD pemerintah daerah yang sudah direncanakan, atau kerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang sedang berjalan.

“Jangan sampai kejadian di APBD 2019 lalu, banyak serapan anggaran yang kurang maksimal. Kita maksimalkan lagi agar tepat sasaran dan terserap dengan baik sesuai aturan,” ungkap dia.

Kemudian di fungsi budgeting, DPRD merumuskan kembali anggaran perubahan 2020 sesuai aspirasi masyarakat dan perencanaan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Termasuk kita persiapkan juga e-planingg rencana anggaran pemerintah daerah untuk tahun 2021,” kata dia.

E-planning atau perencanaan kerja untuk tahun 2021 sudah direkup di tahun 2020 ini. Jadi e-planning ini sesuai aspirasi masyarakat. Ada yang melalui dewan dan eksekutif atau yang menjadi program strategis pemerintah daerah. “Sesuai aspirasi masyarakat masing-masing daerah pemilihan lewat perorangan anggota dewan,” jelas dia.

Berikut Daftar Nama Banmus DPRD Kabupaten Tasikmalaya 2019-2024 :

Ketua           : Asep Sopari Al-Ayubi SP

Wakil Ketua : H Ami Fahmi ST

Wakil Ketua : Drs Erry Purwanto MSi

Wakil Ketua : H Cecep Nurul Yakin SPd MAP

Anggota       : Ucu Subandri

Anggota       : H Demi Hamzah Rahadian SH MH

Anggota       : Hj Ai Ade Sugianto SH MKn

Anggota       : H M Syihabudin Romli SE MM

Anggota       : H Doni M Hamdani SE

Anggota       : H Apip Ipan Permadi SPdI Mipol

Anggota       : Drs H Asep Hussien YS MSi

Anggota       : Moch Arief Arseha SE

Anggota       : Aang Budiana SAg

Anggota       : H Ejen Zaenal Mutakin SPdi

Anggota       : Muhammad Solthon Malik

Anggota       : Jejeng Zainal Muttaqin MSi

Anggota       : Muhammad Hakim Zaman

Anggota       : H Syahban Hilal MPd

Anggota       : Acep SIP

Anggota       : Haris Somantri SSos

Anggota       : Wida Otiva

Anggota       : H Dedi Kurniawan ST MM

Anggota       : H Cecep Ruchimat

Anggota       : Ucu Mulyadi SP

Anggota       : Ratna Dewi SE

(diki setiawan)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.