Agnia Care Ponpes Idrisiyyah Bantu Modal UMKM

111
0
SIMBOLIS. Agnia Care Ponpes Idrisiyyah memberikan bantuan kepada pelaku UMKM di Kecamatan Cisayong, Minggu (9/8). ISTIMEWA

CISAYONG – Agnia Care Ponpes Idrisiyyah menggulirkan program terbarunya, yakni pemberdayaan ekonomi dengan memberikan bantuan permodalan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Cidahu Kecamatan Cisayong.

“Agnia Care selama ini membuat program-program yang sifatnya sosial, namun sekarang mencoba untuk program pemberdayaan UMKM. Sebagian dari zakat, infak, sedekah kita salurkan ke pelaku UMKM,” ujar Direktur Agnia Care Idrisiyyah Ustaz Mara Umar kepada Radar, Minggu (9/8).

Baca juga : BMT Idrisiyyah Tasikmalaya, Gerakan Ekonomi Umat, Berikan Modal & Pendampingan

Ustaz Mara mengungkapkan, yang dibantunya itu merupakan warga dengan kondisi ekonomi kurang beruntung, tapi memiliki usaha warung bakso.

Sehingga pihaknya membantu untuk permodalannya yang bekerja sama dengan unit usaha Saung Panyawah.

“Di sana (Saung Panyawah) terdapat tempat kosong, lalu modalnya digunakan untuk mengembangkan usaha bakso. Kebetulan yang memiliki usaha baksonya ini adalah Munir, jadi diberi nama Bakso Mang Munir. Kini Munir memiliki tempat yang memadai untuk menjual baksonya,” katanya.

Loading...

Lanjut dia, ini merupakan program perdana berkat kerja sama antara Agnia Care dengan unit usaha milik pesantren Idrisiyyah (Saung Panyawah).

“Alhamdulillah Bakso Mang Munir dari permodalan yang telah diberikan sudah berjalan dua hari dan mendapatkan respons sangat baik dari masyarakat,” katanya.

“Bakso Mang Munir merupakan program yang pertama kalinya untuk pemberdayaan UMKM. Cukup jarang ada lembaga zakat yang membantu dalam hal permodalan. Selama ini, hanya dalam bentuk beasiswa, pembangunan masjid, peduli yatim piatu, bedah rumah duafa dan lain-lain. Namun sekarang, kita mencoba salah satunya mengadakan program pemberdayaan ekonomi ini,” ungkapnya.

Mara berharap, setelah diberdayakan ekonominya, Mang Munir berubah posisi dari penerima zakat, infak, sedekah (mustahik) menjadi pembayar zakat, infak, sedekah (muzakki).

“Program ini kita gulirkan, mudah-mudahan ada program selanjutnya. Harapannya program ini mendapat perhatian dan dukungan dari khalayak sehingga kita bisa membantu yang lainnya lainnya,” ucapnya.

“Dengan dukungan donatur dan masyarakat, Agnia Care ingin memberdayakan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat di samping membantu program dakwah dan pendidikan di Pesantren Idrisiyyah,” ujarnya, menambahkan.

Baca juga : CEO Idrisiyyah Foundation Raih Gelar Doktor, Ini Harapannya..

Jelas dia, Mang Munir ini merupakan warga Cidahu yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari lokasi rumah makan Saung Panyawah. Tempat usahanya sebelumnya adalah di emper rumahnya dan cenderung tersembunyi.

“Kini Mang Munir bisa lebih leluasa melayani tamu-tamunya karena telah menempati tempat usaha yang lebih lega. Bagi Saung Panyawah, ini juga menciptakan solusi karena Bakso Mang Munir nanti akan memberikan keuntungan bagi hasil,” katanya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.