Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Agresif Belgia Calon Juara, 9 Belgia vs San Marino 0

7
0
BERPESTA. Belgia kembali menunjukkan keperkasaannya saat mengalahkan San Marino sembilan gol tanpa balas, kemarin.

BRUSSELS – Belgia menjadi negara pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Dengan catatan impresif di kualifikasi, Setan Merah layak didapuk sebagai salah satu calon juara.

Tujuh laga disapu bersih. Mencetak 28 gol dan hanya kebobolan sekali. Itulah catatan luar biasa yang ditorehkan Belgia di Grup I Kualifikasi EURO 2020. Korban terakhir mereka adalah San Marino. Dalam laga di Koning Boudewijnstadion, Belgia menghajar tamunya sembilan gol tanpa balas.

Romelu Lukaku menjadi aktor utama pesta gol semifinalis Piala Dunia 2018 itu. Penyerang Inter Milan tersebut mencetak brace alias dua gol. Sementara tujuh gol lainnya dilesakkan Nacer Chadli, Toby Alderweireld, Youri Tielemans, Christian Benteke, Timothy Castagne serta penalti Yari Verschaeren dan bunuh diri Cristian Brolli.

Skor 9-0 ini menyamai rekor kemenangan terbesar sepanjang sejarah Belgia. Sebelumnya, menurut data UEFA.com, mereka juga menang dengan skor sama menghadapi Zambia pada 1994 dan Gibraltar 2017 silam. Kemenangan dengan margin sembilan gol juga mereka catatkan kala menggilas San Marino dengan skor 10-1 pada 2001.

Berkat kemenangan ini, Belgia total telah mengoleksi 21 poin dan berhak atas tiket pertama putaran final. Meski masih tersisa tiga laga lagi, tetapi The Red Devils dipastikan tidak akan tergusur dari dua besar Grup I. Itu karena peringkat ketiga, Siprus maksimal hanya bisa mengakhiri kualifikasi dengan poin 19.

Selain berbuah tiket putaran final, pesta sembilan gol kemarin juga menjadikan Eden Hazard dan kawan-kawan sebagai negara dengan performa terbaik di antara 55 kontestan kualifikasi. Dalam tujuh laga, mereka total melesakkan 28 gol dan hanya kebobolan sekali.

Pelatih Belgia, Roberto Martínez, menegaskan, sukses meraih tiket dan catatan fantastis mereka sejauh ini tak lepas dari perkembangan performa anak asuhnya dalam satu tahun terakhir. Ia mengklaim Setan Merah kini jauh lebih kuat daripada saat tampil di Piala Dunia Rusia.

“Kami sekarang lebih baik daripada kami di Rusia. Kami memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak. Itu bukan hanya tentang bakat yang Anda miliki, tetapi juga tentang keinginan untuk berkorban satu sama lain. Itu adalah sesuatu yang dilakukan tim ini dan itu dapat membuat perbedaan ketika kualitas tim hampir sama,” katanya di situs resmi UEFA.

Juru taktik asal Spanyol itu sangat percaya diri timnya bisa membuat sejarah dengan meraih gelar Piala Eropa pertama mereka tahun depan. “Sekarang kita akan pergi ke turnamen besar lagi. Semua orang ingin menang dan bermain dengan kegembiraan yang kita tunjukkan sekarang,” tegasnya.

Selaku kapten, Hazard juga tidak menutupi kegembiraannya meski ia kecewa timnya tidak mampu mencetak gol ke-10 yang akan jadi rekor. “Saya senang: kami lolos, ada banyak gol dan para penggemar senang,” ujar winger Real Madrid tersebut.

Pelatih San Marino, Franco Varrella, hanya bisa memuji Belgia. Menurutnya, agresivitas Belgia sepanjang laga menunjukkan mereka penantang berat di putaran final. “Saya pikir Belgia dapat memenangkannya (EURO 2020). Saya benar-benar menyukai permainan teknis yang kuat hari ini,” kata Varrella. (amr/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.