Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.4%

7.3%

70.2%

Air Laut Cipatujah Tasik Pasang 6 Meter, Warung Warga Terendam

9448
1

CIPATUJAH – Gelombang pasang yang terjadi di sepanjang pantai selatan Cipatujah Tasik, membuat air laut naik ke pesisir pantai hingga merendam sebagian warung pedagang, Rabu (27/5).

Air pasang sudah terjadi dan berlangsung sejak Selasa (26/5). Dampaknya para nelayan yang biasa mencari ikan di pantai Pamayangsari tidak melaut karena ombak pasang dan besar.

Ketua Nelayan Pamayangsari Cipatujah, Sana Sopyana mengungkapkan gelombang pasang terjadi sejak Selasa (26/5) dan diprediksi terjadi hingga satu Minggu kedepan.

“Baru dua hari dengan sekarang, air laut pasang dan masuk ke pesisir pantai. Sampai merendam masuk air laut ke warung milik warga di pesisir pantai,” kata Sana, kepada Radar.

Dia menyebutkan ketinggian ombak saat sedang pasang mencapai hingga enam meter.

Akibatnya para nelayan tidak melaut dan berhenti mencari ikan hingga kehilangan hasil tangkapan.

“Kami total tidak melaut setelah idul fitri, apalagi pas pasang air laut. Ya otomatis kehilangan penghasilan, tidak dapat ikan untuk dijual di pelelangan ikan,” keluh dia.

Menurut Sana, sebelum air pasang pendapatan nelayan per hari mencapai Rp500 ribu. Setelah pasang tidak melaut beralih ke berkebun atau bertani.

“Mudah-mudahan normal kembali, bisa melaut lagi. Karena prediksi dari BMKG selama satu minggu. Sudah biasa gelombang pasang lima atau sepuluh tahun sekali,” papar dia.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin membenarkan adanya gelombang pasang di pantai selatan Cipatujah.

“Kami sudah menyampaikan himbauan kepada masyarakat termasuk nelayan bahwa beberapa hari ini pantai selatan gelombang pasang. Sudah kita sebar dan sampaikan melalui tim kami. Kita juga terus berkoordinasi dengan BMKG,” kata dia.

Berikut video air laut yang naik ke kawasan wisata Sindangkerta Cipatujah Kabupaten Tasik :

(Diki Setiawan)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.