Ajak Anak Kreatif dan Bergembira

61
0
ISTIMEWA. KREATIF. Siswa PAUD di Kabupaten Tasikmalaya berkreasi selama belajar di rumah. Masa belajar di rumah hendaknya digunakan orang tua untuk tetap memfasilitasi tumbuh kembang anak melalui ragam permainan edukatif.
ISTIMEWA. KREATIF. Siswa PAUD di Kabupaten Tasikmalaya berkreasi selama belajar di rumah. Masa belajar di rumah hendaknya digunakan orang tua untuk tetap memfasilitasi tumbuh kembang anak melalui ragam permainan edukatif.

TASIK – Sudah sekitar tiga bulan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Tasikmalaya menjalani pembelajaran di rumah akibat pandemi Covid-19.

Siswa PAUD yang sehari hari lebih banyak bermain bersama teman dan guru di sekolah kini terpaksa harus belajar di rumah. Masa belajar di rumah hendaknya digunakan oleh para orang tua untuk tetap memfasilitasi tumbuh kembang anak melalui ragam permainan edukatif.

Hal itu diungkapkan Plt Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Sera Sani Verana MPd kepada Radar, Jumat (10/7).

“Dalam menyikapi hal ini, yang paling penting dalam pembelajaran bagi siswa PAUD ialah menciptakan suasana yang menyenangkan dan bahagia di rumah,” ujarnya.

Sera menyebutkan, para guru dapat membantu orang tua untuk mengidentifikasi materi yang dibutuhkan dan tidak membebani anak. Kegiatan bermain, merupakan strategi yang paling dianjurkan.

Para guru dan lembaga PAUD harus menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua untuk mengalirkan informasi dan meningkatkan kemampuan mereka agar mampu mendampingi proses belajar putra-putri mereka di rumah.

“Anak PAUD itu kan metode belajarnya bermain. Jadi, memang harus banyak kegiatan-kegiatan yang menarik minat mereka. Biarkan mereka bebas untuk berekspresi,” kata dia.

Sera menjelaskan, setidaknya ada empat tujuan belajar PAUD yang perlu dipahami orang tua. Di antaranya mengasah kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, kemampuan sosial dan emosional serta psikomotorik.

Keempat tujuan belajar tersebut perlu disusun dan didiskusikan guru dan orang tua sehingga program yang selama ini dilaksanakan di PAUD bisa dilakukan dengan baik.

“Orang tua juga dituntut menjadi guru karena segala aktivitas termasuk sekolah anak dilakukan dari rumah. Peran orang tua pun menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran dan perkembangan anak,” kata dia.

Sera menjelaskan, terlebih pada masa PAUD keterampilan anak penting untuk diasah sebagai persiapan menuju jenjang sekolah berikutnya. Untuk itu, orang tua perlu cermat dan tepat memberikan pembelajaran pada si kecil.

Belajar bicara, berbahasa, mengenal warna, mengenal bentuk, mengenal banyak hal, perlu diajarkan pada anak di usianya yang masih sangat kecil.

“Jika di sekolah PAUD anak bisa mendapat pengajaran dari para guru, maka orang tua juga perlu mempelajari bagaimana cara belajar yang tepat untuk anaknya,” ucapnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.