Ajak Generasi Milenial Pahami Sejarah

4
TEATRIKAL. Guru SMKN 1 Garut memeragakan tujuh jenderal Pahlawan Revolusi saat teatrikal pemberontakan G30-S/PKI di halaman sekolahnya Senin pagi (1/10). Mereka bersama murid SMKN 1 Garut mengajak generasi milineal memahami sejarah bangsa. (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

TAROGONG KIDUL – Para siswa dan guru SMKN 1 Garut mengadakan aksi teatrikal peristiwa G30-S/PKI di halaman sekolahnya, Senin pagi (1/10).

Aksi teatrikal itu untuk mengenalkan sejarah pemberontakan PKI di Indonesia kepada generasi milenial bahwa pemberontakan PKI ini memang benar adanya.

“Kami kenalkan fakta sejarah kepada generasi milenial ini supaya mereka tahu bagaimana aksi pemberontakan PKI ini terjadi,” ujar Kepala SMKN 1 Garut Dadang Johar Arifin kepada wartawan usai kegiatan, kemarin.

Meski saat ini aksi pemberontakan PKI yang difilmkan terjadi pro kontra, tetapi dirinya meyakini bahwa itu banyak mengandung nilai-nilai kebenaran terkait pemberontakan PKI ini.

“Orang tua saya juga mengalami dan menjadi target gerombolan PKI,” paparnya.

”Buat generasi milenial jangan menyepelekan bahaya laten komunis. Jangan melupakan fakta sejarah. Kalau lupa akan hancur,” terangnya.

Kusuma Ningrum (31), salah satu guru yang mengikuti teatrikal, mengaku bangga dan senang bisa terlibat dalam aksi teatrikal tersebut.

“Ini momen langka, jadi sangat senang sekali,” paparnya.

Pesan yang ingin disampaikan dalam teatrikal itu bukan hanya mengenal sejarah, tapi banyak cara untuk menyampaikan pelajaran kepada para siswa.

“Tak hanya di kelas belajar itu. Bisa ditunjukkan dengan cara seperti ini (teatrikal, Red),” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.